visitaaponce.com

Jangan Lupa Makan Makanan Bergizi Usai Donor Darah

Jangan Lupa Makan Makanan Bergizi Usai Donor Darah
Ilustrasi--Sejumlah warga melakukan donor darah(MI/Djoko Sardjono)

DOKTER spesialis penyakit dalam Aru Ariadno mengingatkan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan protein yang cukup penting untuk pendonor darah.

"Bila seseorang melakukan donor darah, sebagian kecil darahnya diambil untuk keperluan donor. Untuk menambah darah yang diambil tadi, tubuh akan melakukan kompensasi dengan membentuk sel darah baru," kata Aru melalui pesan singkat, dikutip Senin (4/9).

Oleh karena itu, dokter lulusan pendidikan spesialisasi penyakit dalam Universitas Gadjah Mada itu menyarankan untuk makan makanan yang bergizi tinggi dan protein yang cukup untuk membantu pembentukan sel darah merah baru bagi para pendonor sehingga mereka dapat pulih dengan lebih cepat.

Baca juga : Perbaikan Gizi Anak Bisa Dimulai di Usia Sekolah Dasar

Makanan lain yang direkomendasikan bagi pendonor darah adalah sayuran hijau, seperti bayam atau kale, yang merupakan sumber nabati untuk meningkatkan asupan zat besi nonheme. Sayuran hijau juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Tidak hanya daging dan sayuran, mengonsumsi hati ayam ataupun hati sapi juga bermanfaat untuk menggantikan sel darah merah yang hilang. 

Pasalnya, hati hewan mengandung zat besi, asam folat, vitamin B2, dan vitamin B6 yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah baru di tubuh.

Baca juga : Dukung Pengentasan Stunting Suku Baduy, Universitas Indonesia Inisiasi Gerakan Sumbang Gizi di Desa Kanekes

Kandungan asam folat juga dapat membantu menggantikan sel darah merah yang hilang setelah mendonorkan darah. 

Selain hati, makanan yang kaya folat dan baik untuk dikonsumsi setelah melakukan donor darah adalah asparagus dan jus jeruk.

Aru juga mengingatkan pendonor untuk menjaga asupan cairan setelah donor darah. Memenuhi kebutuhan cairan juga penting untuk dilakukan setelah melakukan donor darah agar kondisi tubuh dapat segera pulih.

Baca juga : Orangtua Diingatkan Perhatikan Komposisi Gizi Bekal Anak

Oleh karena itu, jangan lupa minum air yang cukup untuk membantu menggantikan cairan yang hilang setelah donor darah. Jangan lupa untuk minum yang cukup hingga 48 jam setelah selesai donor darah.

Tidak hanya dari air putih, cairan juga bisa didapatkan dari buah yang kaya air, minuman olahraga atau masakan berkuah. (Ant/Z-1)

Baca juga :  Mayora Mie Oven Raih Penghargaan Inovasi Produk Pangan dan Gizi dari Pergizi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat