visitaaponce.com

Nikmati Kuliner Kerang Tumpah di Cafe Dapur Inches, Lembata, Fresh From the Ocean

Nikmati Kuliner Kerang Tumpah di Cafe Dapur Inches, Lembata, Fresh From the Ocean!
Ilustrasi(123rf.com)

PROSESNYA higienis. Cita rasanya benar benar menggugah selera. Disajikanpun dengan cara "ditumpah" ke wadah higienis.

Menu spesial kerang tumpah ini disajikan menurut budaya kuliner Lembata yakni "goleng" atau makan beramai-ramai.

Tidaklah berlebihan jika Kerang Tumpah menjadi pilihan kuliner yang tepat untuk menemani kebersamaan anda dan keluarga, membangun komunikasi, memupuk keharmonisan keluarga.

Baca juga : Atasi Paceklik Jaksa, Kejagung Kirim 18 CPNS ke Kejari Lembata

Masakan kuliner seafood khas Lembata itu berbahan dasar Kerang (Meteagrina), Siput laut (Littorina sp) dan kepiting
(Brachyura) yang direbus hingga sangat renyah. Saat disajikan, seafood itu telah berpadu dengan bumbu asam pedas manis saus tiram.

Cita rasanya didominasi rasa manis, sedikit pedas serta gurih di lidah. Kerang Tumpah menjadi menu spesial cafe "Dapur Inches" milik jurnalis Cele Kedang dan isterinya, Ina Ndapamerang.

Hanya merogoh kocek 120 ribu rupiah, anda sudah dapat menikmati 1 paket kerang tumpah ditambah nasi putih ditemani sayur kangkung pedas segar, ditambah minuman untuk 4 atau 5 orang.

Baca juga : Desa Jontona di Lembata Terpilih Ikuti Giat Pemajuan Kebudayaan Desa Tahun 2024

Dijamin Anda akan minta tambah nasi putih. Cita rasa kerang dan siput laut yang merayu hasrat menambah Nasi putih yang sudah ditakar pemilik cafe "Dapur Inches Lembata", terasa tidak cukup.

Perpaduan yang istimewa seafood dan saus tiram ini menghasilkan cita rasa yang menggugah selera. Sampai-sampai, sejumlah wisatawan mancanegra asal Singapore, Australia hingga Rusia, memilih makan bersama di Cafe Dapur Inces karena cira rasa masakan yang nikmat.

Datang dan coba sendiri.

Baca juga : 148 Keluarga masih Buang Air Besar Sembarangan, Lembata 100% ODF Ditarget

Berlokasi di Pantai Harnus kota Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Cafe Dapur Inches menawarkan menu Kerang Tumpah untuk makan malam bagi Anda sekeluarga.

Ina Ndapamerang, owner kafe Dapur Inches, menjelaskan, menu masakan Kerang Tumpah ini terinspirasi dari hasil berwisata kuliner di Kota Batam.

"Saat itu kami berdua jalan-jalan ke Batam, kemudian menemukan sebuah cafe dengan menu utamanya Kerang tumpah. Namun pemiliknya mengaku kesulitan bahan baku karena produksi kerang di Batam dengan jumlah penduduk bgitu banyak tidak cukup melayani permintaan," ujar Ina Ndapamerang.

Baca juga : Dharma Wanita Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lembata Bantu Penanganan Stunting

Ia bersama sang suami, Cele Kedang kemudian berpikir, Kerang : Meteagrina, Siput laut : Littorina sp di Lembata sangat banyak.

"Lembata bahkan memiliki pulau Awololong yang hanya dihuni oleh kerang dan siput laut. Saking banyaknya, harga siput laut di Lembata tidak semahal ikan. Kenapa tidak kita jadikan menu utama berbisnis kuliner di Lenbata," ungkap Cele Kedang.

Keduanya kemudian memutuskan untuk membangun Cafe yabg diberi nama "Dapur Inches" dengan menu spesialnya Kerang Tumpah. Tak hanya itu, Dapur Inches juga memiliki manu andalan yang dinamakan Mie Setan. Seprti namanya, Mie Setan hanya disajikan pada setiap malam Jumat. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat