visitaaponce.com

Berbagi Tip Aman Berpuasa bagi Pasien Penyakit Jantung

Berbagi Tip Aman Berpuasa bagi Pasien Penyakit Jantung
Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Mega Febrianora.(Dok. Pribadi)

BERPUASA ternyata bermanfaat bagi kesehatan jantung. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Mega Febrianora membagikan sejumlah tip bagi pasien penyakit jantung dalam berpuasa.

Menurut dia, saat berpuasa, ada periode keheningan metabolisme. "Atau lagi berhenti dulu, nih, jeda dulu metabolismenya," ujar Mega dalam gelar wicara eksklusif Tip Aman Berpuasa bagi Pasien Jantung yang disiarkan Kementerian Kesehatan di Jakarta, kemarin.

Apabila dirunut, salah satu penyebab penyakit jantung ialah pola hidup, yang salah satunya makanan. Jeda tersebut, kata Mega, memberikan istirahat kepada perut dan sistem metabolisme, yang biasa disibukkan dengan mencerna makanan dan pada akhirnya menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL).

Baca juga : Lima Tempat Seru Saat Nunggu Buka Puasa agar Lebih Menyenangkan

Selain itu, saat puasa tidak boleh merokok dan diketahui bahwa rokok merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner. "Jadi, ketika berpuasa, faktor peradangannya ini ter-suppress karena enggak boleh merokok, kan, kalau puasa. Nah, inilah yang membuat puasa itu sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi pasien jantung," ujarnya.

Mega menjelaskan ada dua hal yang perlu diperhatikan para pasien ini saat menunaikan ibadah puasa, yaitu obat-obatan serta gaya hidup sehat. Menurut Mega, rata-rata obat untuk jantung dikonsumsi satu kali sehari. Ada sebagian yang dua kali sehari dan ada juga yang tiga kali sehari, tetapi jenis obat itu jarang ditemukan.

Obat dapat dikonsumsi sesuai dengan saran dokter, misalnya bagi yang satu kali sehari bisa saat sahur atau berbuka dan yang dua kali bisa mengonsumsi sebelum sahur atau setelah berbuka. (Iam/H-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat