visitaaponce.com

NasDem Sarankan Amendemen UUD 1945 Dilakukan Cermat

NasDem Sarankan Amendemen UUD 1945 Dilakukan Cermat
Ketua DPP Partai NasDem Surya Paloh (tengah) bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (kedua kanan) dan Wakil Ketua MPR RI Rerie Moerdijat.(MI/PIUS ERLANGGA)

KETUA MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mempertimbangkan amendemen UUD 1945 akan dilakukan secara menyeluruh dengan tetap mengevaluasi pasal-pasal yang akan diubah sesuai kebutuhan bangsa.

"Amendemen menyeluruh yang mengevaluasi berdasarkan daftar isian masalah kita sebagai bangsa dan negara," ujar Bamsoet seusai pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, kemarin.

Dalam pertemuan itu, para pimpinan MPR meminta pandangan terkait rencana amendemen UUD 1945 yang akan menerapkan kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN) di dalamnya. Bamsoet didampingi Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR Arsul Sani, dan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat.

"Amendemen tidak boleh gampangan. Dilakukan secara cermat. Kalau memang kita mau ubah, diubah sesuai dengan kebutuhan bangsa. Tidak boleh mengada-ada," ungkap Bamsoet.

Menurut Bamsoet, rencana amendemen UUD 1945 harus bisa menjamin sistem demokrasi agar tidak melenceng jauh dari tujuan awal berdemokrasi. Saat ini sistem demokrasi Indonesia, katanya, cenderung terlalu bebas.

"Kita harus jaga dan cermat agar demokrasi bisa dijaga dengan UUD yang kuat, agar tidak mendegradasi komitmen kita dalam berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Bamsoet menegaskan amendemen UUD 1945 tidak akan mengubah mekanisme pemilihan presiden dan wakil presiden yang tetap akan dilakukan secara pemilihan langsung. Begitu pun dengan masa periodisasi jabatan presiden yang tetap dipertahankan maksimal dua periode dalam 10 tahun.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berharap ide-ide pemikiran dan pandangannya terkait amendemen UUD 45 yang telah disampaikan kepada pimpinan MPR dapat bermanfaat untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Dia berharap MPR bisa kembali menunjukkan peran dan eksistensinya sebagai lembaga tinggi negara.

"Lebih efektif dan bisa memberikan sesuatu penguatan bagi proses kehidupan kebangsaan yang sedang kita jalankan pada hari ini," ujarnya.

Surya juga berharap, sebagai ketua umum partai yang lolos ke parlemen, semangat NasDem mampu terwakili dalam sikap kenegarawanan pimpinan MPR dalam setiap pengambilan keputusan dan kebijakan di MPR.

"Saya menaruh rasa hormat dan terima kasih saya untuk kunjungan yang diberikan pada hari ini ke Kantor DPP Partai NasDem. Inilah yang bisa saya sebutkan kepada Saudara semua," ungkapnya. (Uta/X-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat