visitaaponce.com

Pengamat Canggihnya Teknologi Bikin Buzzer Sulit Disetop

Pengamat: Canggihnya Teknologi Bikin Buzzer Sulit Disetop
Ilustrasi buzzer(dok.Thinkstock)

PENDENGUNG alias buzzer sulit dihentikan seiring semakin canggihnya teknologi informasi. Kekacauan informasi yang diembuskan para Buzzer disebabkan oleh literasi digital yang rendah.

"Media (jenis) baru kan semakin mudah. Jadi, akan sulit menghentikan karena akan terus ada itu," ungkap pakar komunikasi Fisip UGMA Wisnu Martha Adiputra, dalam siaran persnya, Jumat (5/3).

Menurut dia, pada era media sosial, keberadaan buzzer di negara-negara demokrasi tidak bisa terelakkan. Buzzer pun mirip buah simalakama, jika dibiarkan akan menimbulkan kekacauan, jika dilarang akan dicap otoriter. Keberadaan Buzzer pun bisa menandai berjalannya demokrasi.

"Problemnya orang masih belum bisa membedakan mana disebut pendapat, mana disebut hoaks, ujaran kebencian dan menyerang. Ini buah dari keterbukaan, kok bisa dikatakan sumber kekisruhan, padahal buzzer ini terdiri dua pihak lho, pihak pro pemerintah dan kontra," ungkap dia.

Tantangan saat ini adalah membuat media sosial nyaman. Upaya meningkatkan literasi digital di masyarakat harus terus dilakukan oleh semua pihak,
tidak hanya pemerintah saja.

Departemen Ilmu Komunikasi UGM bersama dengan banyak peneliti dan dosen lain kampus dan organisasi-organisasi di masyarakat membuat Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi). Tidak kurang 250 pegiat literasi digital dari sekitar 80 kampus bergabung di Japelidi.

"Di luar itu ada juga gerakan di masyarakat semacam Mafindo yang anti hoaks dan siber kreasi yang ada di kelompok-kelompok masyarakat sipil," lanjut dia.

Wisnu mengatakan, tugas media untuk menghadirkan informasi yang berkualitas dan fakta yang lebih independen. Namun, kondisi saat ini memperlihatkan
media dimiliki hanya segelintir orang dengan kepentingan politik sehingga menjadi salah satu faktor penghambat demokrasi.

Menurut dia, kondisi media akan lebih baik jika kepemilikannya dibuka dan dipermudah dan tidak diperuntukan untuk orang-orang yang secara langsung
terlihat di panggung politik. (OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat