visitaaponce.com

KPK Telusuri Aliran Dana Vendor Bansos ke Juliari Batubara

KPK Telusuri Aliran Dana Vendor Bansos ke Juliari Batubara
Tersangka mantan Menteri Sosial Juliari P Batubara bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/3)(ANTARA FOTO/ Reno Esnir)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami dugaan aliran duit dari vendor penyedia paket sembako bansos covid-19 ke eks Mensos Juliari Peter Batubara. Sejumlah pihak dari perusahaan terus diperiksa penyidik komisi antirasuah.

"Penyidik mendalami terkait dengan perusahaan para saksi yang menjadi vendor dalam pelaksanaan bansos untuk wilayah Jabodetabek 2020 di Kemensos serta dugaan aliran sejumlah uang kepada tersangka JPB (Julari) melalui tersangka MJS (Matheus Joko Santoso)," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (18/3).

Saksi-saksi yang telah diperiksa itu yakni Kunto dari PT Dharma Lantara Jaya, Raka dari PT Afira Indah Megatama, Joyce Josephine dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), dan Jonni Sitohang selaku Direktur PT Riskaindo Jaya.

Dalam perkara itu, komisi antirasuah menetapkan lima tersangka yakni Juliari Batubara, dua pejabat pembuat komitmen Kemensos yakni Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso, serta pihak swasta Ardian dan Harry.

Dari lima tersangka, baru perkara Harry dan Ardian yang sudah disidangkan di pengadilan. Dalam kasus itu, Juliari diduga menerima Rp17 miliar dari dua tahap pengadaan bansos Jabodetabek. Duit Rp8,2 miliar diduga diterima terkait penyaluran bansos periode pertama dan Rp8,8 miliar pada penyaluran tahap dua. (Dhk/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat