visitaaponce.com

Jenderal Dudung Luncurkan Buku Bongkar Operasi Psikologi Kelompok Intoleran

Jenderal Dudung Luncurkan Buku Bongkar Operasi Psikologi Kelompok Intoleran
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman meluncurkan buku: Membongkar Operasi Psikologi Gerakan Intoleransi.(MI/ Tri Subarkah)

KEPALA Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman meluncurkan buku yang berupaya membongkar operasi psikologi kelompok intoleran di Jakarta, Sabtu (29/1). Buku yang ditulis oleh Raylis Sumitra itu berjudul Membongkar Operasi Psikologi Gerakan Intoleransi.

Menurut Dudung, ideologi kelompok intoleran mencoba untuk merongrong Pancasila. Padahal, keberagaman dan perbedaan yang dimiliki Indonesia merupakan sebuah keniscayaan. Ia menegaskan tidak ada tempat untuk gerakan intoleran.

"Baik itu bertameng agama, organisasi kesukuan, atau yang jelas-jelas kelompok separatis yang baru-baru ini menewaskan anggota saya tiga orang dari Angkatan Darat yang gugur di Papua," kata Dudung di Hotel Raffles, Ciputra World, Jakarta.

Dudung menyebut latihan fisik sempurna tidak cukup dimiliki oleh tentara zaman kini. Menurutnya, dibutuhkan juga kemampuan memahami ketahanan dan pertahanan global yang canggih dan penguasaan dunia siber yang mumpuni.

Buku itu, lanjut Dudung, menyebut gerakan terselubung kelompok intoleran untuk menciptakan kegaduhan sebagai operasi psikologis. Adapun pengalaman Dudung mencopot baliho Front Pembela Islam (FPI) saat menjadi Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta menjadi sorotan yang dibahas.

"Buku ini benar-benar membuka motif gerakan terselubung kelompok intoleran, dimulai dengan tindakan yang pernah saya lakukan saat jadi Pangdam Jayakarta," ujar Dudung.

Ahli komunikasi dari Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia, Puspitasari, mengatakan apa yang dilakukan Dudung dengan melucuti baliho FPI memang sederhana. Namun dalam bahasa komunikasi, hal itu adalah simbol perlawanan.

Dalam kesempatan yang sama, ahli teknologi informasi, Tyovan Ari Widagdo, menjelaskan bahwa teknologi merupakan sarana pembawa pesan paling efektif untuk mempengaruhi orang lain. Telebih dengan kehadiran Metaverse yang dinilai bisa membuat proses rekrutmen dan koordinasi jadi sangat efektif. "Ini dunia baru, masih dalam tahap pengembangan, tapi potensi bagaimana intoleransi akan berjalan sangat berjalan efektif untuk mempengaruhi orang," tandasnya. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat