visitaaponce.com

Pangdam Jaya Klaim Sistem Pergudangan Amunisi di Ciangana Sangat Aman

Pangdam Jaya Klaim Sistem Pergudangan Amunisi di Ciangana Sangat Aman
Ledakan di Gudang Amunisi milik Kodam Jaya, Sabtu (30/3).(DOK X)

PANGLIMA Komando Daerah Militer Jayakarta Mayjen TNI Mohamad Hasan mengklaim sistem pergudangan Paldam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor sudah sangat aman. Hal itu disampaikannya merespons ledakan dan kebakaran dari gudang nomor 6 yang menyimpan amunisi kedaluarsa pada Sabtu (30/3) sekira pukul 18.30 WIB.

"Dapat kami pastikan sistem pergudangan sudah sangat aman karena lokasinya ada di bunker. Dan di atasnya ada tanggul-tanggul untuk mengamankan kalau ada ledakan ke samping," kata Hasan.

Menurut Hasan, pihaknya pertama kali menemukan indikasi adanya asap pada pukul 18.05 WIB di gudang nomor 6. Asap tersebut menjadi indikasi bakal terjadinya ledakan. Oleh karena itu, petugas yang sedang piket langsung memberikan informasi ke warga di sekitar.

Hasan menyebut, gudang nomor 6 yang meledak menyimpan amunisi kedaluarsa. Amunisi tersebut dikembalikan dari berbagai satuan yang dilayani Kodam Jaya di seluruh wilayah Jakarta. Ia mengatakan, dengan prosedur yang sudah dibuat sedemikian rupa, lokasi sekitar tetap akan aman jika terjadi ledakan.

"Sistem pengamanan di gudang ini sudah sedemikian rupa, sehingga kalau ada ledakan sperti ini diperkirakan akan aman. Walaupun mungkin tadi ada berita di media bahwa ada selongsong sampai ke perumahan, mungkin (karena) ledakannya vertikal ke atas dan sampai ke satu tempat," tandasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat