visitaaponce.com

Aparat Dikerahkan untuk Amankan Amunisi yang Terlempar dari Gudang

Aparat Dikerahkan untuk Amankan Amunisi yang Terlempar dari Gudang
Ilustrasi(Antara)

Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mohamad Hasan telah memerintahkan aparat teritorial hingga Polsek dan Polres untuk mengamankan seluruh amunisi yang terlempar usai ledakan terjadi di gudang amunisi Kodam Jaya, Sabtu (30/3) petang.

“Kami sudah perintahkan karena ini masuk wilayah Kodim Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bekasi. Kami sudah mengimbau para aparat teritorial dan juga Polsek dan Polres untuk mengamankan jika ada proyektil amunisi ataupun material yang berasal dari gudang ini untuk diamankan," ujar Hasan, Minggu (31/3).

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengambil amunisi yang ditemukan di sekitar lingkungan. Jika ada yang melihat atau menemukan, masyarakat diminta segera melapor kepada aparat.

Baca juga : Pangdam Jaya Klaim Sistem Pergudangan Amunisi di Ciangana Sangat Aman

“Jangan diambil, serahkan kepada pihak pengamanan,” tambahnya.

Hasan mengungkap penyebab ledakan dan kebakaran gudang peluru tersebut dipicu oleh amunisi yang sudah kedaluarsa. Ia mengaku pihaknya sudah membuat surat untuk penghapusan amunisi-amunisi tersebut sejak awal 2024.

"Tapi karena ini berproses, kita kumpulkan dulu, kita rapikan satu per satu. Sehingga ini kemungkinan karena bahan peledak kan bahan kimia yang kemungkinan sangat labil," tuturnya.

Menurut Hasan, tidak ada sistem pelistrikan dalam gudang tersebut. Sehingga, korsleting listrik dinilai bukan menjadi penyebab utama ledakan dan kebakaran yang terjadi. Adapun untuk usia amunisi yang kedaluarsa, pihaknya belum dapat memastikan.

"Tapi kalo sudah kita kategorikan sebagai kedaluarsa, dan pengembalian dari satuan yang tidak memakai lagi, itu usianya mungkin sudah di atas 10 tahun," tandas Hasan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat