visitaaponce.com

Kemendagri Segera Verifikasi Rekomendasi Calon PJ Gubernur DKI Jakarta

Kemendagri Segera Verifikasi Rekomendasi Calon PJ Gubernur DKI Jakarta
Ilustrasi kepala daerah(MI)

STAF Khusus Kemendagri Kastorius Sinaga menyampaikan kemendagri akan melakukan verifikasi persyaratan formil rekomendasi calon PJ Gubernur DKI Jakarta yang diserahkan oleh DPRD DKI Jakarta.

"Kita tampung karena mekanismenya nanti ini akan semuanya diverifikasi dahulu persyaratan formilnya administrasinya," ujar Kastorius, Selasa (14/9) siang.

Kastorius juga menyampaikan nantinya rekomendasi tersebut akan dibawa oleh Mendagri untuk diusulkan ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam mekanisme ini, ia memaparkan pembahasan akan dipimpin langsung oleh Presiden bersama lembaga atau Kementerian terkait.

"Nanti akan dibawakan bapak mendagri diusulkan ke presiden, mekanismenya ada nanti bapak presiden memimpin langsung pembahasan bersama lembaga atau kementerian terkait untuk diputuskan karena kewenangannya ada di Presiden," paparnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi telah menyerahkan rekomendasi PJ Gubernur DKI Jakarta ke Kemendagri pada Selasa (14/9).

"Saya menyerahkan berkas yang kemarin sudah saya bahas 3 nama itu hari ini sudah diterima" kata Prasetyo saat ditemui di Kantor Kemendagri pada, Selasa (14/9).

"Saya jelaskan, saya serahkan untuk ditindaklanjuti. Jadi diterima oleh pak sekjen untuk ditindaklanjuti karena sebelum tanggal 16 Oktober Pak Anies selesai," ungkapnya.

Baca juga: Diusulkan jadi Pj Gubernur DKI, Bahtiar Berterima kasih pada DPRD

Prasetyo juga menyampaikan tugasnya sebatas menyerahkan rekomendasi kandidat PJ Gubernur DKI Jakarta kepada kemendagri yang nantinya akan disertakan ke Presiden.

"Tugas kita hanya menyerahkan nanti pak sekjen menyerahkan kepada pak mendagri karena pak mendagri sedang ada rapat keluar ya, tinggal urusan pak mendagri ke Pak Presiden," ujarnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat