visitaaponce.com

Pemuda Katolik Minta Bawaslu Pantau Seleksi Panwascam

Pemuda Katolik Minta Bawaslu Pantau Seleksi Panwascam
Ketua Bidang Politik dan Kepemiluan PP Pemuda Katolik Beny Wijayanto(MI/HO)

PROSES seleksi calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di seluruh Indonesia tengah sedang memasuki tahapan wawancara untuk menyeleksi 3 dari 6 kandidat yang sebelumnya lolos seleksi tes tertulis CAT.

Berkaitan dengan proses tersebut, Ketua Bidang Politik dan Kepemiluan PP Pemuda Katolik Beny Wijayanto memberikan catatan kritis atas adanya kemungkinan celah yang diduga dapat dijadikan sebagai ajang titip menitip, transaksional, dan tidak obyektif dalam menentukan pilihan.

“Nilai tes tertulis memiliki bobot 40% sedangkan wawancara jauh lebih besar dengan bobot 60% maka pada proses wawancara ini butuh ekstra pengawasan dari hierarki yang lebih tinggi," ujar Beny.

Beny meminta Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi untuk memastikan proses seleksi Panwascam ini sejalan dengan aturan yang ada. Menurutnya, proses seleksi penting untuk memastikan kualitas demokrasi dalam Pemilu Serentak 2024, termasuk melihat keterwakilan perempuan.

"Pemuda Katolik juga meminta seluruh kader dan struktur segera melaporkan ke Pengurus Pusat jika ada temuan dan isu di lapangan terkait dugaan kecurangan atau proses yang tidak obyektif dalam rangka pemilihan Panwascam di wilayah masing-masing," pungkas Beny. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat