visitaaponce.com

16 Petugas Pengawas Pemilu Jawa Barat Meninggal, 390 Orang Rawat Jalan

16 Petugas Pengawas Pemilu Jawa Barat Meninggal, 390 Orang Rawat Jalan
Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono melakukan takziah ke rumah almarhum Eri Fajar Nugraha, petugas KPPS di Kelurahan Jatisari.(MI/Naviandri)

SAMPAI Jumat (23/2), sebanyak 514 petugas pengawas pemilu di Jawa Barat mengalami gangguan kesehatan saat bertugas. Dari jumlah itu, 16 di antaranya meninggal dunia.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mengungkapkan, para pengawas itu terdiri dari 45 panwaslu di tingkat kecamatan, 49 panwaslu desa dan kelurahan, serta 390 pangawas di tempat pemungutan suara.

Dari jumlah itu, 390 pengawas melakukan rawat jalan dan 95 lainnya harus masuk rumah sakit untuk rawat inap.

Baca juga : KPU Sumbar: 6 Petugas Pemilu Meninggal dan 50 Orang Sakit

"Kami ikut berduka cita atas kejadian ini. Untuk petugas yang meninggal dunia, Insya Allah pengabdian mereka kepada bangsa dan negara mendapatkan pahala dari Allah," ungkap Ketua Bawaslu Jawa Barat Zacky Muhammad Zam Zam.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Jawa Barat mencatat sebanyak 23 petugas pemilu meninggal dunia. Para korban terdiri dari petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), panitia pemungutan suara, linmas, Bawaslu dan KPU.

"Mayoritas petugas yang meninggal dunia memiliki riwayat penyakit penyerta atau komorbid, seperti jantung, gagal ginjal, darah tinggi dan infeksi paru," ujar Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Vini Adiani Dewi.

Dia memastikan mitigas pada Pemilu 2024 ini jauh lebih baik dari pemilu 2019. Pihaknya dilibatkan dalam melakukan skrining dan pengobatan. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat