visitaaponce.com

Kegaduhan Terjadi di TPS 54 Bojong Kulur, Delapan Surat Suara Tercoblos Sebelum Dibuka

Kegaduhan Terjadi di TPS 54 Bojong Kulur, Delapan Surat Suara Tercoblos Sebelum Dibuka
Pemilih di TPS 54 Bojong Kulur(Medcom/Nur Cholis)

KEGADUHAN terjadi saat proses pencoblosan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 54, Desa Bojong Kulur, Bogor, Jawa Barat. Delapan warga yang hendak mencoblos menghadapi insiden di mana gambar salah satu pasangan calon presiden telah tercoblos sebelum surat suara dibuka.

Saksi dan panitia TPS mengambil langkah untuk menganggap surat suara tersebut rusak dan menggantinya dengan surat suara yang baru. Namun, belum ada konfirmasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai penggantian surat yang dianggap rusak.

Proses pencoblosan di TPS 54 Desa Bojong Kulur berawal dari kekagetan beberapa warga ketika membuka surat suara pasangan capres. Mereka menemukan bahwa salah satu surat suara sudah tercoblos, menunjukkan ke arah pasangan capres tertentu, meskipun surat suara baru saja dibuka. Panitia TPS segera bertindak dengan membuka surat suara yang tercoblos, menyatakan surat itu cacat atau rusak.

Baca juga : Viral Pemilih Temukan Surat Suara sudah Tercoblos sebelum Masuk Bilik

Delapan surat suara di TPS tersebut memiliki lubang yang mengarah ke gambar calon presiden pasangan 02. Kejadian ini menimbulkan kecurigaan dan kekhawatiran dari saksi pasangan 01 dan 03.

Saksi dari pasangan 01, Suharso, dan saksi dari pasangan 03, Yudhi, mengungkapkan ketidakpuasan mereka terhadap insiden tersebut.

Baca juga : KPUD Jabar Pastikan Tidak Ada TPS Yang Menunda Pencoblosan Pemilu

"Ada kertas suara sudah dicoblos," ungkap Suharso.

Hingga saat ini, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) masih belum dapat menjelaskan fenomena ini dan menunggu masalah atau aduan yang terkumpul setelah proses pemungutan suara selesai. Belum ada penjelasan dari KPU mengenai penggantian surat suara yang dianggap rusak. Situasi ini menimbulkan kekhawatiran terkait integritas pemilihan di TPS tersebut. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat