visitaaponce.com

Polisi dan Jaksa akan Diterbangkan ke Taiwan untuk Investigasi Surat Suara Tercoblos

Polisi dan Jaksa akan Diterbangkan ke Taiwan untuk Investigasi Surat Suara Tercoblos
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (kanan).(MI/Susanto)

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengungkapkan perkembangan penelusuran dugaan surat suara di Taiwan yang tercoblos. Bawaslu bisa menggerakkan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) ke lokasi.

"Akan ada pengiriman Sentra Gakkumdu berupa polisi dan jaksa untuk menyelesaikan investigasi penyelidikan di Taipei," kata Ketua Bawaslu Rahmat Bagja di Lapangan Thamrin 10, Jakarta Pusat, Minggu, 21 Januari 2024.

Rahmat mengatakan saat ini Panitia Pengawas (Panwas) Taipei sudah memanggil pihak-pihak di video itu. Mereka menggali informasi soal surat suara yang diduga sudah tercoblos.

Baca juga : Pemungutan Suara Ulang 6 TPS di Lampung Berlangsung Aman dan Kondusif

"(Yang digali) apa benar tercoblos, bagaimana prosesnya, karena yang tercoblos tidak cuma satu. Pasti banyak," papar dia.

Rahmat belum memerinci kapan tim Sentra Gakkumdu diberangkatkan ke Taipei. Mereka ingin memastikan lebih dulu kasus tersebut benar-benar memenuhi unsur tindak pidana.

Salah satu akun pada media sosial X (dulu Twitter) @Kopipait__78 mengunggah video berdurasi 1 menit 29 detik pada Kamis, 18 Januari 2024. Video itu menunjukkan keluhan dua WNI sambil menunjukkan dua surat suaranya yang tercoblos.

Baca juga : KPU dan PPLN Taipei Telusuri Dugaan Surat Suara Tercoblos di Taiwan

Untuk surat suara pemilihan presiden-wakil presiden, coblosannya terlekat pada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sedangkan surat suara pemilihan legislatif DPR dapil Jakarta II, coblosannya berada pada PDI Perjuangan.

Namun, dalam video itu tidak merekam proses pembukaan amplop surat suara dari awal. Bagja mempertanyakan keabsahan video itu lantaran tidak menunjukkan proses pembukaan amplop secara utuh.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat