visitaaponce.com

Tingkok Ancam Hancurkan Pihak yang Mendukung Upaya Kemerdekaan Taiwan

Tingkok Ancam Hancurkan Pihak yang Mendukung Upaya Kemerdekaan Taiwan
Tiongkok memulai latihan militer di sekitar Taiwan hanya tiga hari setelah William Lai dilantik sebagai presiden baru pulau tersebut.(PLA)

MENTERI Pertahanan Tiongkok Dong Jun menegaskan bahwa segala bentuk upaya untuk kemerdekaan Taiwan akan ditanggapi dengan tegas, termasuk dengan menghancurkan pihak-pihak yang terlibat.

Hal itu disampaikan Dong Jun dalam aacara The International Institute for Strategic Studies (IISS), Shangri-La Dialogue 2024, Singapura, Minggu (2/6). 

Dong Jun mengatakan Partai Progresif Demokratik yang berkuasa di Taiwan saat ini secara bertahap telah melakukan separatisme dan bertekad menghapus identitas Tiongkok.  

Baca juga : Tiongkok Mulai Latihan Militer di Sekitar Taiwan

Dia juga menuduh ada kekuatan asing ikut campur mnedukung gerakan kelompok separatis Taiwan.

Jun menegaskan upaya itu justru akan menyeret Taiwan ke dalam situasi berbahaya. Jun juga menegaskan  bahwa kemerdekaan Taiwan tidak akan pernah terwujud.

Tiga hari setelah setelah William Lai dilantik sebagai presiden baru Taiwan, Tiongkok memulai latihan militer di sekitar pulau itu.  Seorang juru bicara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) menyebut latihan ini sebagai "hukuman keras" atas "tindakan separatis".

Beijing telah menyebut Mr. Lai sebagai "separatis" dan "pengacau" atas pernyataannya di masa lalu yang mendukung kemerdekaan Taiwan. Kementerian Pertahanan Taiwan mengutuk tindakan Beijing tersebut dan mengatakan mereka mengerahkan pasukan sebagai tanggapan.  (Xinhua/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat