visitaaponce.com

Wapres Taiwan akan Hadiri Pelantikan Presiden Paraguay

Wapres Taiwan akan Hadiri Pelantikan Presiden Paraguay
Wakil Presiden Taiwan William Lai(AFP/Sam Yeh)

TAIWAN, Senin (17/7), mengatakan Wakil Presiden William Lai akan menghadiri pelantikan presiden Paraguay pada bulan depan melalui transit di Amerika Serikat (AS), yang kemungkinan akan memicu kemarahan Tiongkok.

Lai akan memimpin delegasi ke Asuncion untuk menghadiri pelantikan Santiago Pena pada 15 Agustus.

"Hal itu untuk menunjukkan pentingnya kerja sama diplomatik antara Taiwan dan Paraguay," ujar Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan Alexander Yui.

Baca juga: Taiwan dan Indonesia Jajaki Kolaborasi Industri Kesehatan di Tanah Air

Paraguay menjadi negara terakhir di Amerika Selatan yang masih memilih menjalin hubungan diplomatik dengan Taiwan ketimbang Tiongkok, yang memandang pulau itu sebagai wilayah mereka dan akan direbut pada suatu hari nanti, dengan kekerasan jika perlu.

Perjalanan Lai ke Paraguay membutuhkan transit di AS yang berpeluang memancing tanggapan keras dari Beijing.

Transit teranyar yang dilakukan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Lai di AS memicu kemarahan pemerintah Tiongkok yang memandang hal itu memperkuat legitimasi internasional Taipei.

Baca juga: 8 Pesawat Tempur Tiongkok Dekati Perbatasan Laut Taiwan

"Kami kerap melakukan transit di AS kala melakukan perjalanan ke Amerika Tengah dan Utara dan akan melakukan lagi pada kali ini," ujar Yui.

Dari Washington, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memperingatkan Tiongkok agar tidak mengambil tindakan apa-apa terkait transit Lai dalam perjalanan ke dan dari Paraguay.

"Tidak ada alasan bagi Tiongkok untuk menjadikan transit ini sebagai alasan untuk melakukan aksi provokasi," tegas Blinken.

April lalu, militer Tiongkok menggelar latihan militer selama tiga hari yang merupakan simulasi aksi memblokade Taiwan setelah Tsai bertemu Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California saat pulang usai berkunjung ke negara Amerika Tengah.

Kunjungan Lai ke Paraguay dilakukan setelah Pena berkunjung ke pulau itu, akhir pekan lalu, dan berjanji akan tetap menjalin hubungan diplomasi dengan Taiwan selama lima tahun dirinya berkuasa.

Lai terakhir kali melakukan transit di AS pada Januari 2022 kala akan menghadiri pelantikan Presiden Honduras Xiomara Castro.

Kala itu, Honduras masih menjalin hubungan diplomasi dengan Taiwan. Namun, pada Maret tahun ini, Honduras memilih mengalihkan hubungan diplomasi mereka ke Tiongkok. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat