visitaaponce.com

Sulaiman Dilantik Menjadi Dubes RI untuk Argentina

Sulaiman Dilantik Menjadi Dubes RI untuk Argentina
Presiden Joko Widodo melantik Sulaiman menjadi duta besar untuk Argentina.(Medcom/Kautsar)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) melantik Sulaiman jadi duta besar (Dubes) RI untuk Argentina. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (25/10).

Pelantikan Sulaiman berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 82 P tahun 2023 tentang Pengakatan Duta Besar Luar biasa dan berkuasa penuh. Dalam Kepres itu juga mencatat Sulaiman merangkap sebagai Dubes Indonesia untuk Republik Uruguay dan Republik Oriental Paraguay yang berkedudukan di Buenos Aires. 

 Upacara pelantikan dipimpin langsung Presiden Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebelumnya sempat bertanya kepada Sulaiman untuk bersedia diambil sumpahya menurut agama Islam.  "Bersedia," jawab Sulaiman.

Baca juga: Letjen Agus Subiyanto Dilantik Menjadi KSAD Pengganti Dudung

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk dingkat sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh akan setia kepada UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala perturan perundang undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara, bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Sulaiman mengikuti Presiden Jokowi. 

"Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditangguhkan kepada saya oleh jabatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh," terang Presiden Jokowi diikuti Sulaiman. 

Baca juga: Pagi Ini, Presiden Lantik Mentan dan KSAD

Selanjutnya, Sulaiman melakukan pendatangan berita acara pelantikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh. Hal itu juga dilakukan oleh Presiden Jokowi. 

Hadir sejumlah menteri dan kepala lembaga dalam pelantikan tersebut, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Mansury, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Dara (KSAD) Jenderal Dudung Abduracman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat