visitaaponce.com

8 Pesawat Tempur Tiongkok Dekati Perbatasan Laut Taiwan

8 Pesawat Tempur Tiongkok Dekati Perbatasan Laut Taiwan
Militer Taiwan siaga terhadap invasi Tiongkok(AFP)

KEMENTERIAN Pertahanan Taiwan mengatakan pada Sabtu (24/6) bahwa delapan pesawat tempur Tiongkok telah melewati garis tengah Selat Taiwan dan mendekati perairan yang berada di bawah kendali Taipei.

Taiwan hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh Tiongkok. Mereka memandang pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai bagian dari wilayahnya yang akan direbut suatu hari nanti.

Pada hari Sabtu, kementerian pertahanan Taiwan mengatakan bahwa 19 pesawat tempur Tiongkok, termasuk pesawat tempur J-10 dan J-16 terdeteksi di sekitar pulau tersebut.

Baca juga : Taiwan Siagakan Sistem Rudal Darat Hadapi 10 Jet Tempur Tiongkok

Delapan diantaranya melintasi garis tengah Selat Taiwan dan mendekati zona bersebelahan pulau itu, atau jalur laut dalam jarak 24 mil laut (44 kilometer) dari pantainya.

Baca juga : 37 Pesawat Tiongkok Merangsek Masuk, Taiwan Aktifkan Pertahanan Udara

"Selain itu, lima kapal PLAN (Angkatan Laut Tiongkok) melakukan patroli tempur bersama," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Kementerian itu menambahkan bahwa pihaknya memantau situasi dengan seksama dan telah mengerahkan pesawat patroli dan kapal-kapalnya sebagai tanggapan.

Beijing telah meningkatkan serangan ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan (ADIZ) dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan memburuknya hubungan kedua belah pihak.

Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng memperingatkan pada bulan Maret bahwa Beijing dapat menggunakan potensi kunjungan Ketua DPR AS Kevin McCarthy sebagai alasan untuk menyeberang ke zona bersebelahan dengan Taiwan dan mendekati wilayah teritorialnya, yang didefinisikan dalam jarak 12 mil laut dari pantai.

McCarthy malah bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di California pada bulan April, sehingga mendorong Tiongkok untuk meluncurkan latihan militer selama tiga hari di sekitar pulau tersebut. Latihan itu mencakup simulasi serangan yang ditargetkan dan mempraktikkan blokade.

Pada hari terakhir latihan, Taiwan mendeteksi 12 kapal perang Tiongkok dan 91 pesawat terbang di sekitar pulau itu, dengan 54 pesawat terbang memasuki ADIZ barat daya dan tenggara.

ADIZ tidak sama dengan wilayah udara teritorial Taiwan, dan mencakup area yang jauh lebih luas yang tumpang tindih dengan bagian dari ADIZ Tiongkok dan bahkan sebagian daratannya sendiri. (AFP/Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat