visitaaponce.com

Taiwan Siagakan Sistem Rudal Darat Hadapi 10 Jet Tempur Tiongkok

Taiwan Siagakan Sistem Rudal Darat Hadapi 10 Jet Tempur Tiongkok
Ilustrasi(AFP)

ANGKATAN Udara Taiwan melaporkan 10 pesawat tempur Tiongkok melintasi garis tengah Selat Taiwan, dan empat kapal perang juga melakukan patroli tempur.

Terkini, Taiwan mengirimkan pesawat tempurnya dan mengerahkan kapal serta sistem rudal darat untuk berjaga-jaga. Mereka menggunakan kata-kata yang khas tentang bagaimana merespons aktivitas Tiongkok tersebut.

Ini adalah kedua kalinya dalam waktu kurang dari seminggu Taiwan melaporkan adanya aktivitas militer baru dari Tiongkok. Sebelumnyan 37 pesawat militer Tiongkok terbang ke zona pertahanan udara Taiwan, beberapa di antaranya kemudian terbang ke Pasifik barat.

Baca juga : 37 Pesawat Tiongkok Merangsek Masuk, Taiwan Aktifkan Pertahanan Udara

Tiongkok, yang menganggap Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, selama tiga tahun terakhir secara teratur menerbangkan angkatan udaranya di langit Taiwan, meskipun tidak masuk ke wilayah udara teritorial Taiwan.

Dalam sebuah pernyataan singkat, kementerian pertahanan Taiwan mengatakan bahwa pada pukul 14:00 waktu setempat Minggu (1/6), mereka telah mendeteksi 24 pesawat angkatan udara Tiongkok, termasuk pesawat tempur J-10, J-11, J-16, dan Su-30, serta pesawat pengebom H-6.

Baca juga : AS Bantah Kabar Rencana Tiongkok Bangun Pangkalan Militer di Kuba

Meskipun tidak disebutkan secara pasti di mana pesawat-pesawat tersebut terbang, diketahui bahwa 10 di antaranya telah melintasi garis tengah Selat Taiwan, yang memisahkan kedua wilayah dan sebelumnya berfungsi sebagai penghalang tidak resmi.

Tiongkok mengatakan bahwa mereka tidak mengakui hal itu dan telah secara rutin melintasinya sejak tahun lalu.

"Empat kapal angkatan laut Tiongkok juga terlibat dalam patroli kesiapan tempur bersama,” kata kementerian tersebut tanpa memberikan rincian.

Tidak ada tanggapan langsung dari militer Tiongkok. Sebelumnya, pada April lalu, Tiongkok mengadakan latihan perang di sekitar wilayah Taiwan setelah kunjungan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen ke Amerika Serikat.

Pemerintah Taiwan menolak klaim kedaulatan Tiongkok dan hanya mereka yang dapat menentukan masa depannya. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat