visitaaponce.com

KPUD Jabar Pastikan Tidak Ada TPS Yang Menunda Pencoblosan Pemilu

KPUD Jabar Pastikan Tidak Ada TPS Yang Menunda Pencoblosan Pemilu
Ilustrasi(MI/Usman Iskandar)

KOMISI Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat, memastikan 140.457 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Jabar 
menggelar pemungutan suara hari ini, Rabu (14/2).Meskipun ada daerah yang dilanda banjir di Kabupaten Sumedang dan Majalengka.

"Kami pastikan tidak ada pencoblosan yang ditunda, jadi hari ini serentak di Jabar melaksanakan pencoblosan.  Alhamdulillah di semua TPS yang berjumlah 140.457 TPS, bisa melakukan pemungutan suara, ini berdasarkan laporan bahwa sejauh ini, tidak ada yang ditunda," kata Ketua KPUD Jabar Ummi Wahyuni.

Menurut Ummi, sejauh ini hanya ada dua wilayah di Jabar yang diketahui dilanda bencana alam berupa banjir. Dua wilayah itu, yakni Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Majalengka. Namun meski sedang dilanda banjir, TPS yang terdampak telah dipindahkan ke tempat lain sehingga pencoblosan tetap bisa dilaksanakan.

Baca juga : Banjir Demak, Petugas TPS Pemilu 2024 Jadi Relawan

"Sudah dimitigasi dan kami koordinasi dan Pemkab Sumedang dan Majalengka, sudah dimitigasi dan direalokasi ke tempat yang tidak terdampak banjir, tapi tetap memperhatikan aksesibilitas pemilih, terutama untuk pemilih disabilitas," terangnya.

Terkait rekapitulasi suara, Ummi mengungkapkan, rekapitulasi suara akan dilakukan, setelah proses pemungutan suara selesai pada pukul 13.00 WIB. 

Setelah itu, petugas KPPS di tiap TPS bakal menghitung dan mencatat suara.

Baca juga : 108 TPS Tunda Pemilu Akibat Banjir Demak

"Hari ini setelah ditutup jam 13.00, kemudian teman-teman TPS melakukan penghitungan dan dilakukan pencatatan di C-Hasil," tambahnya.

Hari ini KPU RI kata Ummi, akan menggunakan Sirekap, tapi Sirekap itu hanya alat bantu, secara manual teman-teman KPPS mengisi hasil di C hasil. Walaupun ada Sirekap, tinggal nanti dilakukan digitalisasi untuk perbanyakan. Kalau kemarin hanya menulis satu per satu, hari ini dipermudah boleh menggandakan, namun tanda tangan KPPS tetap basah.

Sementara itu di Kota Bandung hujan juga turun sejak pagi hari, namun tidak menyurutkan semangat warga kota Bandung untuk mendatangi TPS dan memberikan hak suaranya. Nampak beberapa TPS memang sudah disiapkan sedemikian rupa untuk meminimalisir hal yang tak diinginkan jika hujan terjadi. 

Baca juga : 183 TPS di Demak Diusulkan Pemilu Susulan

Tak sedikit juga TPS di wilayah Bandung berada di kawasan sekolah, sehingga keamanannya lebih terjaga saat hujan terjadi. Meski hujan, nampak warga tetap memenuhi TPS-TPS sesuai dengan surat undangan yang diberikan oleh KPPS.(Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat