visitaaponce.com

Banjir Demak, Petugas TPS Pemilu 2024 Jadi Relawan

Banjir Demak, Petugas TPS Pemilu 2024 Jadi Relawan
Hingga hari keenam setelah jebolnya tanggul, banjir di Demak tak kunjung surut.(Metro TV)

TERDAMPAK banjir besar, sejumlah petugas TPS Pemilu 2024 di Desa Cangkring, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, mengubah haluan menjadi relawan.

Karena keadaan yang memaksa, mereka harus membantu korban banjir. Selain membuka dapur umum dan membuka posko bantuan,para petugas TPS ini juga mengamankan rumah warga yang ditinggalkan warga untuk mengungsi.

Irwan suharto, salah satu petugas Linmas yang harusnya menjaga di salah satu TPS di Desa Cangkring mengungkapkan, lokasi yang seharusnya menjadi TPS tempat dia berjaga saat ini kondisinya terendam banjir hingga satu meter setengah.

Baca juga : 108 TPS Tunda Pemilu Akibat Banjir Demak

Sedangkan seragam linmas nya hingga kini masih terendam banjir, dan belum sempat dia selamatkan saat banjir besar datang secara tiba tiba.

"Banjirnya seleher," kata Irwan.

Banjir besa di Demak terjadi akibat jebolnya tanggul Sungai Wulan. Hingga hari keenam setelah jebolnya tanggul, banjir yang melanda 18 desa di Kecamatan Karanganyar dan Gajah tak kunjung surut.

Baca juga : 183 TPS di Demak Diusulkan Pemilu Susulan

Pantauan di lokasi pada Selasa (13/2) sore,kedalaman banjir terpantau setabil berkisar satu hingga 2 meter. 

Kondisi tersebut memaksa pihak KPU Demak untuk menggelar pemilu susulan di ratusan TPS yang tersebar di 10 desa yang ada di Kecamatan Karanganyar.

Ketika dikonfirmasi, sejumlah petugas TPS di Desa Cangkring yang kini menjadi relawan dan menbuka posko banjir, mengaku belum mendapat informasi resmi kaitan adanya penundaan  pemilu.

Baca juga : Pemilu 2024, Ratusan TPS di Pekalongan dan Demak Berada di Wilayah Banjir

Sebelumnya, kKPU Kabupataen Demak menyampaikan, Pemilu 2024 susulan akan dilakukan di 114 TPS dari 240 TPS di Kecamatan Karanganyar. Salah satu sebabnya, hingga saat ini, pihaknya kesulitan melakukan identifikasi pemilih, lantaran pengungsi menyebar.

Saat ini, KPU telah berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk persiapan penundaan pelaksanaan pemungutan suara di 9 desa di Karanganyar. (MGN/Z-4)

Baca juga : Puluhan Pengawas TPS Grobogan Keracunan Massal Usai Bimtek Pemilu 2024

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat