visitaaponce.com

Pemilu 2024, Ratusan TPS di Pekalongan dan Demak Berada di Wilayah Banjir

Pemilu 2024, Ratusan TPS di Pekalongan dan Demak Berada di Wilayah Banjir
Ilustrasi - Diperkirakan 60 TPS di Pekalongan dan 70 TPS di Demak yang berada di kawasan rawan banjir.(Antara)

JELANG Pemilu 2024, penempatan tempat pemungutan suara (TPS) diinventarisasi. Diperkirakan ada ratusan TPS di Pekalongan dan Demak, Jawa Tengah, berada di daerah rawan banjir.

Bencana banjir akibat air laut pasang (Rob) masih menjadi ancaman serius pelaksanaan pemilu 2024 di daerah Pantura Pekalongan dan Demak. Kekhawatiran itu mengingat saat pencoblosan pada pemilihan legislatif dan presiden bersamaan terjadinya puncak musim penghujan.

"Di wilayah ini setidaknya ada 60 dari 230 TPS tersebar di tujuh kelurahan merupakan rawan banjir," kata Camat Pekalongan Utara, Kota Pekalongan Wismo Aditiyo.

Baca juga: Banjir Rob Kembali Rendam Daerah di Pantura Jawa Tengah

Mengantisipasi bencana banjir baik akibat hujan maupun rob, Wismo mengatakan untuk titik rawan banjir yang sulit dicarikan lokasi lain karena jarak dan tempatnya, kemungkinan dibangun TPS panggung.

Di  Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan yang sebagian besar kelurahan berada di pesisir Pantura, lanjut Wismo Aditiyo, kawasan paling rawan dilanda banjir ada di  Kelurahan Bandengan, Panjang Wetan, dan Kandang Panjang. "Jika kondisi banjir besar maka perlu disiapkan perahu karet untuk antar jemput pemilih," imbuhnya.

Baca juga: Relawan Caleg PPP Gelar Kegiatan Sosial di Sananrejo dan Pesanggrahan, Malang

Ketua KPU Kabupaten Demak Bambang Setya Budi mengatakan pemetaan wilayah rawan banjir di empat kecamatan di daerah ini terus dilakukan, hal ini sebagai antisipasi gangguan pemilu saat pencoblosan berlangsung karena empat wilayah itu merupakan langganan banjir baik akibat rob maupun hujan.

Berdasarkan pengalaman Pilkada lalu, ujar Bambang, setidaknya ada 70 TPS yang berdiri di atas genangan banjir rob. Kondisi itu perlu diantisipasi sedini mungkin dengan menyiapkan lokasi TPS maupun sarana prasarana yang dibutuhkan, seperti perahu untuk mengangkut warga dari rumah masing-masing.

Selain itu, Bambang mengatakan akan membangun TPS apung di daerah rob tersebut. Namun penempatannya harus di titik yang mudah terjangkau. "Untuk secara keseluruhan di Demak pada pemilu 2024 mendatang ada  3.658 TPS," tambahnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat