visitaaponce.com

Ganjar Jawara Jateng, belum terlalu Kuat di Jatim

Ganjar Jawara Jateng, belum terlalu Kuat di Jatim
Ganjar Pranowo.(MI/Widjajadi.)

LEMBAGA survei Poltracking Indonesia melihat elektabilitas tokoh potensial calon presiden (capres) di Pulau Jawa. Ganjar Pranowo menjadi tokoh potensial calon presiden (capres) di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) dalam simulasi tiga nama.

Di Jatim, Ganjar mendapat dukungan 36,1%. Setelah Gubernur Jateng itu, ada nama Prabowo Subianto dengan dukungan 25,5%. "Jatim, Ganjar belum terlalu kuat," kata kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda melalui rilis yang disampaikan melalui virtual, Kamis (15/12).

Sedangkan Anies hanya menduduki posisi ketiga di Jatim dengan elektabilitas 19,6%. Sedangkan 18,8% responden memilih sikap tidak menjawab atau tidak tahu.

Kondisi berbeda di Jateng. Ganjar menguasai dukungan hingga 71,4%. "Jateng, Ganjar sangat kuat," ungkap dia.

Sedangkan elektabilitas Prabowo dan Anies jauh di bawah Ganjar. Prabowo hanya mendapat dukungan 10%. 

Perolehan dukungan Anies terpaut tipis dengan Prabowo. Bakal capres dari Partai NasDem itu hanya mendapat dukungan 9%. Sedangkan jumlah responden yang belum menjawab atau tidak tahu hanya 8%.

Survei dilakukan pada 26 November hingga 2 Desember 2022. Jumlah sampel di Jateng dan Jatim masing-masing 1.000 responden. Pemilihan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Adapun margin of error survei tersebut sebesar 3,1%. Sedangkan tingkat kepercayaan mencapai 95%. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat