visitaaponce.com

Erick Thohir, Menteri Terbaik Jokowi versi Warganet di Penghujung 2022

Erick Thohir, Menteri Terbaik Jokowi versi Warganet di Penghujung 2022
Menteri BUMN Erick Thohir(Antara/Dhemas Reviyanto)

MENTERI BUMN Erick Thohir menjadi menteri terbaik di Kabinet Inndonesia Maju versi netizen di penghujung 2022. Hasil itu berdasarkan monitoring yang dilakukan oleh MediaWave selama periode 1-31 Desember 2022.

Dari keterangan tertulis yang diterima Kamis (12/1), MediaWave melakukan monitoring dan analisis percakapan dan pemberitaan media sosial terkait para menteri di Kabinet Indonesia Maju selama 1-31 Desember 2022.

Dari data percakapan tersebut, MediaWave juga menganalisis persepsi publik yang terbagi menjadi 3 parameter, yaitu sentimen positif, sentimen negatif dan sentimen netral, yang kemudian dibuat suatu formulasi yang dinamakan ‘Earned Media Share of Sentiment’ atau yang disingkat dengan EMSS.

Formula EMSS menghitung seberapa besar jumlah percakapan dan Net Sentiment terhadap menteri. Semakin besar persentase EMSS suatu menteri, artinya menteri tersebut mendapat porsi jumlah percakapan yang besar serta sentimen positif yang cukup tinggi. Dari hasil analisis, Menteri BUMN Erick Thohir mendapatkan angka EMSS 23,11% dengan total percakapan 220.518.

MediaWave mengungkapkan, isu teratas yang dibicarakan antara lain Menteri BUMN menerima penghargaan sebagai menteri terbaik dalam Indonesia Awards 2022, hasil survei nasional Poltracking Indonesia yang menempatkan Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik, konsep ‘Festival Budaya’ yang dirancang oleh Erick Thohir pada pernikahan Kaesang mendapat pujian dari publik.

Selain itu, ada juga isu pernyataan Menteri BUMN bahwa PSSI harus dibongkar total demi menciptakan ekosistem sepak bola Indonesia yang lebih baik mendapat dukungan dari publik, Erick Thohir dinilai sebagai cawapres yang dapat memenangkan Prabowo Subianto di 2024 dalam hasil survei lembaga SPIN serta Ganjar Pranowo dan Erick Thohir digadang-gadang sebagai sosok pemimpin yang memikirkan rakyat dan cocok disandingkan pada Pilpres 2024.

Posisi kedua ditempati Menteri Sosial Tri Rismaharni dengan nilai EMSS 2,67% dan total percakapan 8.750. Isu teratas yang dibicarakan tentang Tri Rismaharini antara lain Mensos Risma menerima penghargaan Moeslim Choice Award 2022 dari Grup Media Moeslimchoice atas keberhasilan perbaikan tata kelola penyaluran bansos lebih tepat sasaran, Mensos Risma salurkan 50 ton beras untuk korban gempa Cianjur juga anak-anak yatim piatu yang kehilangan orang tua akibat gempa bumi di Cianjur dan Mensos Risma dianggap oleh warga Surabaya telah membawa perubahan signifikan terhadap wilayahnya, terutama terhadap isu kebersihan dan kesenjangan sosial.

Baca juga : Gagasan Erick Thohir Dinilai Klop dengan Milenial

Posisi ketiga dihuni Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto dengan nilai EMSS 1,82% dan total percakapan 4.423. Top isu yang dibicarakan antara lain Menteri ATR Hadi Tjahjanto berpesan kepada masyarakat untuk menjaga sertifikat yang didapatkan agar aman dari ancaman mafia tanah dan Menteri ATR Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat hasil Konsolidasi Tanah secara langsung ke 10 rumah perwakilan masyarakat di Desa Penawangan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Posisi keempat menjadi milik Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dengan nilai EMSS 1,39% dan total percakapan 6.284. Top isu yang dibicarakan antara lain upaya Menteri Kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dokter spesialis di setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Menkes Budi Gunadi berupaya menggencarkan program pencegahan HIV-AIDS pada perempuan, anak, dan remaja dan Menkes Budi Gunadi memastikan Indonesia telah melewati puncak kasus COVID-19 varian Omicron XBB dan vaksin COVID-19 pada tahun 2023 ini gratis.

Posisi kelima ditempati Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan nilai EMSS 1,34% dan total percakapan 76.585. Top isu yang dibicarakan antara lain Menhan Prabowo meresmikan pesawat jet Dassault jenis Falcon 7X dan Falcon 8X buatan Prancis serta Prabowo Subianto dinilai menang telak jika dipasangkan dengan Erick Thohir atau Ganjar Pranowo dalam hasil survei lembaga SPIN.

Pemeringkatan menggunakan metode EMSS yang dapat dijadikan indikator capaian serta penerimaan atas kinerja institusi maupun pejabat publik. 

“Tingginya EMSS Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan serangkaian capaian program kerja yang berhasil dituntaskan selama paruh tahun 2022 lalu. Selain itu, pemberitaan melalui media online dan sosialisasi media sosial menteri Erick Thohir yang beragam menunjukkan prestasi yang jauh melampaui portofolio kementerian,” tulis MediaWave.

Poin penting lain dari pengukuran itu memperlihatkan penerimaan dan apresiasi publik atas kinerja para pejabat publik. Kelima menteri memperoleh sentimen positif, di mana apresiasi netizen kepada Erick Thohir adalah yang tertinggi. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat