visitaaponce.com

KPK akan Analisis Dokumen dan LHKPN Kepala Bea Cukai Makassar dan ASN Kemenkeu

KPK akan Analisis Dokumen dan LHKPN Kepala Bea Cukai Makassar dan ASN Kemenkeu
Juru bicara bidang pencegahan KPK Ipi Maryati(Antara )

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menganalisis hasil konfirmasi Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono dan aparatur sipil negara (ASN) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Wahono Saputro. KPK mencocokan dengan dokumen yang dibawa dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKKPN).

"KPK akan melakukan analisis terhadap penjelasan yang disampaikan PN (penyelenggara negara) serta bukti-bukti yang diperoleh," kata juru bicara bidang pencegahan KPK Ipi Maryati melalui keterangan tertulis, Rabu (15/3).

Ipi mengatakan pendalaman penting untuk mencari kebenaran dari pernyataan mereka. KPK tidak mau langsung menelan semua informasi dari kedua orang itu tanpa melakukan analisis. "Untuk kemudian menentukan tindak lanjut hasil klarifikasi," ucap Ipi.

Baca juga: Cincin Kepala Bea Cukai Makassar Berpotensi Gratifikasi

KPK berjanji bakal terbuka membeberkan hasil analisisnya. Namun, tidak semua informasi bisa dibeberkan ke publik.

"Terkait substansi materi dan hasil klarifikasi tentu tidak dapat kami sampaikan secara rinci," ucap Ipi.

Baca juga: PPATK Bantah Isu Perputaran Uang Rp300 Triliun di Pejabat Kemenkeu

Andhi Pramono membantah telah memamerkan harta di media sosial. Menurutnya, pengirim gambar dan video yang viral adalah orang lain.

"Selanjutnya foto-foto tentang diri saya sama sekali tidak ada yang berbentuk pamer dan lain sebagainya, sehingga dicari-cari yang lain," kata Andhi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (14/3).

Dia mengaku difitnah dengan video dan foto yang beredar di media sosial. Bahkan, ketidaknyamanannya itu diadukan ke KPK saat kekayaannya diverifikasi.

"Dikaitkan ke anak saya dan pribadi saya itu sungguh fitnah yang sangat keji, dan saya sudah sampaikan ke KPK. Nanti saya akan menyampaikan ke teman-teman semua," ucap Ali. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat