visitaaponce.com

Polri Sebut 80 Persen Kebutuhan Personel Gunakan Produk Dalam Negeri

Polri Sebut 80 Persen Kebutuhan Personel Gunakan Produk Dalam Negeri
Ilustrasi: personel Brimob bersenjata lengkap.(MI/USMAN ISKANDAR)

POLRI memastikan telah menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memenuhi kebutuhan dasar personel dengan produk dalam negeri. Kurang lebih 80 persen kebutuhan personel Korps Bhayangkara merupakan buatan Indonesia.

"Polri sudah mencapai 80 persen ke atas (belanja produk dalam negeri) dan menduduki rank kedua kementerian/lembaga terkait tingkat komponen dalam negeri (TKDN)," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada Medcom.id, Rabu, 15 Maret 2023. 

Polri, kata Dedi, telah berkomitmen menggunakan produk dalam negeri. Oleh karena itu, pihaknya lebih mengutamakan produk dalam negeri ketimbang barang impor. 

Baca juga: Anggaran Pertahanan 134 Triliun, DPR: Harus Optimal Belanja Dalam Negeri

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyentil Kementerian Pertanahan dan Kepolisian RI karena masih membeli produk luar negeri untuk memenuhi kebutuhan dasar para prajurit. Hal itu disampaikan saat membuka Business Matching Product Dalam Negeri, di Jakarta, Rabu, 15 Maret 2023.

"Saya awal-awal kaget, saya buka, banyak sekali pembelian produk-produk impor. Ini saya minta Kementerian Pertahanan, Polri, militer. Kita ini sudah bikin, ekspor ke semua negara, eh kita malah beli dari luar sepatu, senjata," ucap Jokowi.

Baca juga: Presiden Sentil Kemenhan dan Polri karena Masih Pakai Sepatu Senjata Impor

Presiden memaklumi jika barang yang diimpor adalah peralatan canggih seperti pesawat tempur yang memang Indonesia belum memiliki kemampuan untuk memproduksi. Namun, untuk barang-barang mendasar seperti sepatu dan senjata, menurutnya itu wajib dipenuhi dari dalam negeri.

"Dipikir saya tidak tahu? Ini hati-hati. Saya perintahkan ini pada Polri untuk dicek betul kalau ada seperti ini. Mau bohong terus kita?" cetusnya. (Bob/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat