visitaaponce.com

Pengamat Daya Elektoral Besar Erick Thohir Mampu Solidkan KIB

Pengamat: Daya Elektoral Besar Erick Thohir Mampu Solidkan KIB
Menteri BUMN Erick Thohir berfoto bersama petinggi Partai Amanat Nasional di acara mukernas lalu.(dok.Ant)

MENTERI BUMN Erick Thohir dinilai memiliki daya elektoral yang dibutuhkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk menghadapi kontestasi Pilpres 2024. Erick Thohir menjadi sosok calon wakil presiden (cawapres) yang dapat menguatkan soliditas partai politik (parpol) dalam KIB.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengungkapkan, Erick Thohir figur paling cocok buat KIB lantaran miliki daya elektoral kuat. Hal itu ditandai dengan tingkat elektabilitas yang begitu konsisten menguat.

Tingkat elektabilitas Erick Thohir bahkan mampu mengunngguli semua Ketua Umum  parpol dalam KIB mulai dari Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, sampai dengan Mardiono. Karenanya mengusung Erick Thohir menjadi sebuah langkah yang maju ke depan.

“Karena dari tokoh-tokoh di KIB ini. Katakanlah ketua umumnya belum ada yang cukup kompetitif,” ucap Saidiman, di Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Menurut dia kondisi koalisi yang dibentuk Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golkar sekarang tengah menjadi sorotan. Lantaran belum juga memunculkan figur unggulan untuk diusung pada Pilpres mendatang.

Situasi tersebut,lanjut dia, akan dapat mampu membuat dampak elektoral bagi parpol. Berkah elektoral yang didapat tersebut tentu merupakan berkah menjelang tahun politik pada Pilpres mendatang.

“(Erick Thohir) Itu pilihan realistis,” terang Saidiman.

Berdasarkan dari hasil temuan Lembaga Survei SPIN periode 3-13 Februari 2023, Erick Thohir menempati daftar teratas sosok cawapres unggulan. E rick Thohir berhasil meraih angka sebesar 17,1%. (N-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat