visitaaponce.com

Presiden Kekuatan Hadapi Pandemi Harus Digunakan untuk Agenda Besar Lain

Presiden: Kekuatan Hadapi Pandemi Harus Digunakan untuk Agenda Besar Lain
Presiden Joko Widodo(Antara)

Presiden Joko Widodo ingin kekuatan yang dikerahkan untuk menangani pandemi covid-19 bisa diterapkan juga dalam agenda-agenda besar negara, seperti penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem.

Ia menilai pandemi covid-19 yang melanda hampir tiga tahun ini telah menunjukkan kekuatan Indonesia yang sebenarnya sebagai bangsa besar.

"Kekuatan ini harusnya juga bisa digunakan untuk agenda besar bangsa, misalnya TBC, stunting, peningkatan produksi pangan, penurunan angka kemiskinan," ujar Jokowi dalam acara Penghargaan Penanganan COVID-19 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/3).

Baca juga: Jokowi Beri Masukan soal Capres ke Megawati

Presiden memaparkan bahwa berdasarkan pemaparan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom, Indonesia merupakan salah satu negara terbaik dalam penanganan pandemi di dunia. Indonesia juga tercatat sebagai salah satu negara dengan pelaksanaan vaksinasi terbanyak.

Selain itu, hasil laporan dari John Hopkins University menngungkap bahwa Indonesia termasuk dalam salah satu negara terbaik di dunia dalam menurunkan jumlah kasus covid-19.

Baca juga: Presiden Berikan Penghargaan bagi Para Pahlawan Pandemi Covid-19

"Jelas, kita berhasil menekan angka penularan. Kita berhasil menekan angka kematian dan kita juga berhasil menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi. Terbukti tahun lalu kita tumbuh di angka 5,31%," ucap mantan wali kota Surakarta itu.

Kepala Negara menilai keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi adalah kerja keras seluruh elemen bangsa.
Ia meyakini bahwa jika mendapat tekanan masalah yang besar, pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat turun tangan.

Banyak pihak yang bahkan bekerja melampaui tugas dan fungsi mereka, seperti TNI dan Polri. Mereka tidak hanya bekerja pada sektor pertahanan dan keamanan tetapi jgua membantu di bidang kesehatan.

Oleh sebab itu, Presiden meminta seluruh kerja bagus itu dapat terus dipertahankan. Sinergi antarelemen terus diperkuat, baik itu dengan masyarakat, swasta, pemerintah daerah, hingga instansi pemerintah.

"Ini yang kita butuhkan. Jangan sampai kita loyo lagi begitu kasusnya reda! Dengan problem-problem masih banyak kita hadapi, mestinya seperti itu, karena saya lihat kita dari A sampai Z, semua kerja keras menangani covid-19 ini," tandas Jokowi. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat