visitaaponce.com

Tinjau Pompanisasi di Bantaeng, Presiden Upaya Antisipasi Kekeringan

Tinjau Pompanisasi di Bantaeng, Presiden: Upaya Antisipasi Kekeringan
Tinjau Pompanisasi di Bantaeng, Presiden: Upaya Antisipasi Kekeringan.(Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Desa Layoa, Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Jumat (5/7). Presiden meninjau langsung pelaksanaan pemberian bantuan pompa untuk pengairan sawah dan pertanian atau pompanisasi

"Petani tadi menyampaikan di sini hanya panen sekali padahal tanahnya subur karena airnya enggak ada, sehingga dengan pompa ini sudah nanam yang kedua. Nah kita harapkan nanti bisa masuk penanaman yang ketiga," ungkap Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai peninjauan.

Presiden juga menjelaskan bahwa pompanisasi ini juga sebagai upaya antisipasi terhadap kemungkinan kekeringan yang panjang di masa mendatang. Kegiatan ini juga upaya memperkuat ketahanan pangan nasional di tengah tantangan perubahan iklim global.

Baca juga : Mentan Amran Dampingi Presiden Tinjau Program Pompanisasi di Kotawaringin Timur

"Arahnya ke sana dan juga untuk mengantisipasi kekeringan panjang yang terjadi di semua negara," lanjut Presiden.

Sedangkan terkait swasembada pangan, Presiden menjelaskan diperlukan proses panjang yang dipengaruhi oleh faktor iklim. Persoalan ini juga dialami di semua negara.

"Saya kira iklim sangat mempengaruhi produktivitas pangan di semua negara," tutur Presiden.

Baca juga : Program Pompanisasi Berjalan jika Ada Ketersediaan Air

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian melaksanakan program pompanisasi di seluruh wilayah Indonesia. Untuk Kabupaten Bantaeng, pemerintah telah menyalurkan 80 unit pompa dari 150 unit pompa yang dibutuhkan.

"Keperluannya 150 tadi Pak Bupati menyampaikan butuhnya 150, sudah diberikan 80 pompa," ujar Presiden.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kegiatan tersebut adalah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh, dan Pj. Bupati Bantaeng Andi Abubakar. (P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat