visitaaponce.com

Gegara Kunci Apartemen, KPK Temukan Duit Rp1,3 M Terkait Korupsi Tukin di Kementerian ESDM

Gegara Kunci Apartemen, KPK Temukan Duit Rp1,3 M Terkait Korupsi Tukin di Kementerian ESDM
ilustrasi KPK(medcom.id )

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan uang Rp1,3 miliar yang diduga terkait dengan kasus korupsi penyaluran dana tunjangan kinerja (tukin) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Penemuan duit itu saat penyidik melakukan penggeledahan sebuah apartemen.

"Kita memang menemukan sejumlah yang enggak puluhan miliar, sekitar Rp1,3 miliar," kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur di Jakarta, Kamis (30/3).

Asep menjelaskan awalnya KPK menggeledah Kantor Dirjen Minerba dan Kantor Kementerian ESDM. Kala itu Penyidik menemukan sebuah kunci apartemen di salah satu ruangan yang tengah diacak-acak.

Baca juga: Rafael Alun Dikabarkan Jadi Tersangka, Ini Kata KPK

Salah satu pejabat Kementerian ESDM diminta menunjukkan lokasi apartemen itu. Saat digeledah, KPK menemukan uang Rp1,3 miliar.

"Kami masih dalami terkait dengan perkara yang sedang kita tangani termasuk juga ada yang nanya juga apartemen sedang kita dalami juga, ada keterkaitan ada atau tidak," ucap Asep.

Baca juga: Sri Mulyani Dikepung Jaringan Mafia Kemenkeu

KPK membuka penyelidikan baru berkaitan dengan dugaan korupsi penyaluran tukin pegawai Kementerian ESDM. "Dimulai dari aduan masyarakat pada KPK, yang kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (27/3).

Ali mengatakan pihaknya sudah menetapkan tersangka dalam kasus ini. Status itu diberikan usai ditemukan adanya dua bukti permulaan yang cukup. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat