visitaaponce.com

Kunjungi Batam, Mahfud MD Bertemu Romo Paschalis, Aktivis Pekerja Imigran

Kunjungi Batam, Mahfud MD Bertemu Romo Paschalis, Aktivis Pekerja Imigran 
Menkopolhukam Mahfud MD (kiri) bertemu dengan Romo Paschalis di Batam.(Instagram @mohmahfudmd)

MENTERI Koordinator Politik Hukum dan Ham (Menko Polhukam) Mahfud MD bertemu dengan Romo Paschalis, seorang aktivis pelindung pekerja migran yang menjadi korban sindikat perdagangan orang. 

Hal itu diunggah langsung oleh mantan Ketua MK tersebut di akun sosial medianya. 

Mahfud mengaku, setibanya di Bandara Hang Nadim, Batam, dia langsung mendatangi shelter St Theresia yang dinaungi Romo Paschalis.

Baca juga: Mahfud dan Sri Mulyani Dikonfirmasi akan Hadiri Rapat DPR Bahas Polemik Rp349 Triliun

“Hari ini, saya berkunjung ke Batam untuk serangkaian kegiatan. Tiba di Bandara Hang Nadim, saya langsung menuju Shelter St Theresia yang menampung para pekerja migran yang menjadi korban sindikat perdagangan orang,” ungkap Mahfud dalam unggahannya, Rabu (5/4).

Kedatangan Mahfud itu disebut untuk memberi dukungan moral sekaligus berdiskusi dengan Romo Paschal mengenai praktik perdagangan orang dan pekerja ilegal imigran. 

“Saya datang untuk memberikan dorongan moral bagi Romo sekaligus berdiskusi dengannya untuk mengatasi praktik perdagangan orang dan penempatan ilegal pekerja migran kita. Saya juga berdialog dengan sejumlah pekerja yg ditampung di shelter yang dikelola Romo ini. Saya mendapat banyak informasi terkait masalah ini yg mesti didalami lebih lanjut,” kata Mahfud. 

Baca juga: Mahfud Diharap Tidak Tunggangi Skandal Rp349 Triliun untuk Berpolitik

Menurut Mahfud, Tindakan Pidana Perdagangan Orang (TPPO) melibatkan banyak pihak dan jaringan yang saling bekerja sama. 

“Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) ini adalah tindakan yang sangat keji bagi kemanusiaan, dan pemerintah sudah mempunyai Undang-undang tentang ini. Info sementara dugaan tindak pidana ini melibatkan banyak jaringan dan banyak pihak,” tegasnya.

Sempat dilaporkan ke polisi

Dalam unggahannya, Mahfud juga sempat menyinggung mengenai perkara yang menimpa Romo Paschal setelah dia diadukan pimpinan BIN Kepulauan Riau. 

“Saya bertemu dan berdialog dengan Romo Paschalis, aktivis sosial yang melakukan pelayanan dan advokasi bagi para pekerja migran. Karena kegiatan kemanusiaan itu, Romo Paschal sempat dilaporkan ke pihak keamanan. Kemenko Polhukam memberikan atensi dan kasusnya kini sudah dihentikan oleh Kepolisian,” tutur Mahfud.

Sebelumnya, Wakil Kepala BIN Daerah Kepulauan RIau Bambang Panji Prianggodo melaporkan Romo Paschalis lantaran aduan Romo mengenai pekerja migran ilegal. 

Dalam laporannya kepada Polda Kepulauan Riau, tertanggal 17 Januari 2023, Panji mengungkapkan bahwa Romo Paschal telah menyebarkan berita bohong. 

Pada saat itu, sejumlah kelompok masyarakat, ikut mengadukan praktik pekerja migran ilegal kepada Romo Paschal, yang dilaporkan dibekingi langsung oleh Wakil Kepala BIN Kepri, Bambang Panji. Aduan masyarakat itu, dilanjutkan oleh laporan Romo Paschal kepada 12 instansi terkait. 

Setelah menerima banyak atensi dari pihak terkait, Bambang Panji akhirnya mencabut laporan mengenai Romo Paschalis pada Sabtu (18/3). (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat