visitaaponce.com

Pengamat Kebersamaan Ganjar -Jokowi Karena Politik

Pengamat: Kebersamaan Ganjar -Jokowi Karena Politik
momen kebersamaan Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo(Dok.Pribadi)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terlihat bersama-sama di Solo, Jawa Tengah, Jumat (7/4), setelah kekisruhan gagalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Diketahui, Ganjar menyatakan penolakan terhadap tim nasional Israel dalam Piala Dunia U-20. Pengamat Politik yang juga Dosen Fakultas Komunikasi Universitas Padjajaran Hendri Satrio menilai kebersamaan keduanya sebatas kepentingan politik.

Ia menyebut Ganjar membutuhkan Jokowi guna mendapatkan dukungan, sehingga dapat mempunyai tiket maju sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan umum (pemilu) 2024. Sedangkan, Jokowi menurutnya memerlukan Ganjar supaya pembangunan saat ini tetap berlanjut, apabila Ganjar terpilih.

“Hubungannya adalah hubungan saling membutuhkan bukan tulus pertemanan yang terlihat adalah hubungan politik karena kebutuhan tadi, kalau terlihat mereka sudah bersama-sama,” ujarya ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu (8/4).

Baca juga: Dampingi Presiden di Solo, Ini Isi Obrolan Ganjar dan Jokowi

“Walaupun pak jokowi mungkin perlu diingatkan kalau tokoh sudah jadi presiden maka mucul egoindependensinya merasa bahwa seorang presiden bisa melakukan program yang dia inginkan sesuai visinya tidak ada kewajiban bagi presiden yang baru untuk meneruskan programnya,” imbuh dia.

Hendri menambahkan bahwa publik cenderung menilai Ganjar dekat dengan Jokowi dibandingkan menjadi loyalis dari PDI Perjuangan. Kedekatan itu, terang Hendri, terlihat ketika Ganjar dengan cepat memperbaiki blunder yang ia buat mengenai isu penolakannya terhadap timnas Israel. Menurutnya itu adalah salah satu caranya mendapatkan dukungan Jokowi dan para pendukungnya.

Baca juga: Gus Falah Bantah Megawati Pernah Terapkan Apartheid di Aceh

“Kalau kemudian merapat ke PDIP belum tentu juga ada instruksi baru tentang ini (Piala Dunia U-20). Itu yang diharapkan dari seorang Ganjar, lebih dekat dengan Pak Jokowi lebih strategis ketimbang sebagai loyalis PDIP,” tukasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat