visitaaponce.com

77 Tahun TNI AU, Melepas Rindu di Langit Jakarta

77 Tahun TNI AU, Melepas Rindu di Langit Jakarta
SELEBRASI UDARA HUT TNI AU KE 77, MINGGU (9/4).(MI/M Irfan)

TNI Angkatan Udara merayakan hari ulang tahun yang ke-77 pada hari ini, Minggu, 9 April 2023. Aksi selebrasi di udara menandai momen istimewa tersebut.

Dari pantauan Media Indonesia, masyarakat tumpah-ruah memenuhi Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, meski matahari sedang terik-teriknya. Mereka menyaksikan atraksi dan formasi udara saat para pilot unjuk kebolehan di langit Jakarta.

Wajar bila perayaan HUT TNI AU ke-77 ramai dipenuhi masyarakat. Pasalnya, sejak covid-19 pada 2020, TNI AU tak melakukan selebrasi ulang tahun.

Baca juga : TNI Siap Bantu Polri Dalam Pengamanan Selama Periode Libur Lebaran

Saat acara, gemuruh suara menggelegar mengiringi terbang formasi membentuk angka 77 oleh 14 pesawat F-16.

Pesawat tersebut merupakan gabungan dari t-50i Golden Eagle, Hercules C-130, hingga Sukhoi SU-27, dan SU-30.

Baca juga : Satu Lagi Anggota KKB Berhasil Ditangkap

Sebanyak empat pesawat Sukhoi SU-27/30 melaksanakan terbang formasi berupa Box Formation dan Bomb Burst.

Empat pesawat T-50i dan 1 F-16 unjuk kebolehan dengan membentuk formasi Bomb Burst dan dua pesawat T-50i lainnya melaksanakan misi Serangan Udara Langsung (SUL) dan Dog Fight dengan 1 pesawat F-16.

TNI AU juga menyiapkan pilot terbaiknya untuk menerbangkan pesawat tempur EMB-314 Super Tucano yang membentuk formasi Arrow Formation dan dua pesawat lainnya melakukan misi Close Air Suppot (CAS).

Yang paling menarik perhatian ialah adanya misi penerjunan bagi prajurit Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Sementara sembilan unit C-130 Hercules membentuk 3 V Formation. Kemudian satu unit pesawat CN-295 membawa puluhan penerjun pasukan Dalpur Kopasgat.

Tak cukup sampai di situ, satu unit helikopter EC-725 Caracal dan 1 NAS-332 Super Puma melakukan terbang dengan Giant Flight dan melaksanakan misi Fast Rope serta Air Landed prajurit Kopasgat.

Lalu, unit helikopter EC-120B melaksanakan terbang formasi dan satu lainnya melaksanakan misi Pembebasan Sandra (Basra) Kopasgat.

Tak kalah menawan, demo darat juga menampilkan pelbagai simulasi pertempuran oleh prajurit Kopasgat.

Aksi di darat juga menampilkan berbagai persenjataan dan sejumlah kendaraan khusus dan kendaraan taktis Kopasgat TNI AU.

Total sebanyak 3.300 prajurit dikerahkan dalam acara HUT TNI AU ke-77. Perayaan kali ini juga menurunkan 82 pesawat yang unjuk gigi menghibur seluruh masyarakat Indonesia.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyatakan di usia barunya, TNI AU akan terus menjaga kedaulatan Indonesia di udara.

“Kami ingin memperlihatkan kepada rakyat Indonesia bahwa TNI AU selalu siap mempertahankan kedaulatan udara,” papar Fadjar.

Terpisah, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berpesan agar TNI AU dapat menjadi solusi atas krisis-krisis yang sedang menimpa dunia dan tak terkecuali Indonesia.

“Krisis pangan, krisis ekonomi, perang Rusia Ukraina, dalam TNI AU yang tidak terpisahkan TNI harus siap menjadi garda terdepan menghadapi berbagai krisis yang mengancam bangsa,” ungkap Yudo dalam sambutannya di Lanud Halim Perdana Kusuma, Minggu (9/4).

Yudo menyebut selama 77 tahun TNI AU selalu hadir, baik operasi perang maupun non perang. Yudo menegaskan hal itu untuk mempertahankan keutuhan hingga tumpah darah NKRI.

Yudo menegaskan kepada prajurit udaranya agar terus berlatih karwna ancaman masih ada.

“Ini menunjukan komitmen TNI AU menghadapi ancaman yang semakin kompleks, teruslah bersikap profesional karena ancaman terus ada, terus berlatih,” tegas Yudo.

Pesan dari Papua

Salah satu warga, David, sengaja datang jauh-jauh dari Papua Barat hanya untuk menyaksikan kekuatan tempur TNI AU.

David bersama lima kawannya terpukau dengan aksi pasukan elite milik TNI AU.

“Hebat, keren sekali,” ungkap David saat ditemui di Lanud dalam acara HUT TNI AU ke 77, Minggu (9/4).

Di usia barunya, lanjut David, dirinya berharap TNI AU bisa terus lebih menjaga kedaulatan negara Merah-Putih.

Ia pun ingin konflik yang tak ada habisnya di Papua dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) segera usai.

“Saya harap ke depan lebih baik lagi,” tandasnya.

Sementara itu, warga Depok, Jawa Barat, Lenisa Beth, membawa anaknya Muhammad Mazen, untuk menonton pertunjukkan helikopter TNI AU yang berjoget Maumere di langit Jakarta.

“Bagus banget, harapannya bisa terus menghibur dan bisa mengundang lagi untuk masyarakat umum,” ujar Lenisa. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat