visitaaponce.com

Panglima TNI Beberkan Strategi Pengamanan IKN di Kalimantan

Panglima TNI Beberkan Strategi Pengamanan IKN di Kalimantan
Panglima Laksamana Yudo Margono (kanan) saat peringatan HUT ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/4).(MI/M Irfan)

DALAM rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 TNI AU, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, menyatakan pihaknya telah menyusun kekuatan TNI di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Markas Besar juga di sana dan juga satuan-satuan di bawahnya sedang kita susun,” ungkap Yudo di Lanud Halim Perdana Kusuma, Minggu (9/4).

Yudo menerangkan pihaknya mulai menyusun rencana, demikian juga dari Angkatan laut tentang ancaman dari laut di Indonesia. Kemudian, dua matra lainnya, darat dan laut juga akan disusun strategi untuk mengamankan IKN.

Baca juga : Bangun IKN dan Danai Pemilu, Belanja 2024 akan Tembus Rp3.400 Triliun

Yudo juga menuturkan TNI akan menambah alutsista serta peremajaan alutsista yang sudah berumur.

“Ya dengan pertambahan situasi ke depan, kita tetap melaksanakan penambahan alutsista, pesawat-pesawat yang ada dan juga pesawat-pesawat yang sudah tua akan diganti dengan pesawat yang baru dan juga mungkin pesawat yang rusak-rusak,” tegasnya.

Baca juga : Rakyat Diajak Pilih Logo Ibu Kota Nusantara, Berhadiah Motor Listrik

“Perkembangan situasi ke depan ya kita tetap melaksanakan kekuatan TNI AD, AL, maupun AU,” tandasnya.

Sebelumnya, Yudo berpesan berpesan agar TNI AU dapat menjadi solusi atas krisis-krisis yang sedang menimpa dunia dan tak terkecuali Indonesia.

“Krisis pangan, krisis ekonomi, perang Rusia Ukraina, dalam TNI AU yang tidak terpisahkan TNI harus siap menjadi garda terdepan menghadapi berbagai krisis yang mengancam bangsa,” ungkap Yudo dalam sambutannya di Lanud Halim Perdana Kusuma, Minggu (9/4).

Yudo menyebut selama 77 tahun TNI AU selalu hadir, baik operasi perang maupun non perang. Yudo menegaskan hal itu untuk mempertahankan keutuhan hingga tumpah darah NKRI. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat