visitaaponce.com

Elektabilitas Ganjar Menurun

Elektabilitas Ganjar Menurun
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyiapkan jalur tol fungsional seksi 1.1 Solo-Klaten di ruas Solo-Yogyakarta(MI / Widjajadi)

ELEKTABILITAS Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalami tren penurunan. Berbanding terbalik dengan tren elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan yang mengalami peningkatan. 

TREN elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan meningkat. Hal itu terlihat dar

"Yang menarik adalah tren penurunan yang cukup signifikan dari Ganjar Pranowo. Sementara Prabowo (Subianto) dan Anies cenderung kalau tidak mengalami penguatan, stabil," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan saat mempaarkan hasil survei terbaru LSI secara daring, Minggu (9/4). 

Baca juga : Pengamat: Kehadiran Jokowi dan Ganjar di Solo Sinyal Keduanya Masih Satu Suara

Djayadi memerinci elektabilitas Ganjar dalam survei LSI terbaru 19,8 persen. Angka itu menurun dibanding survei Januari 2023 sebesar 27,2 persen.

Sementara itu, survei teranyar LSI menunjukkan elektabilitas Anies mencapai 18,4 persen. Persentase tersebut menguat dibanding survei pada Januari 2023 sebesar 16,8 persen.

Baca juga : Dampingi Presiden di Solo, Ini Isi Obrolan Ganjar dan Jokowi

Senada, elektabilitas Prabowo meningkat menjadi 19,3 persen dalam survei LSI terbaru. Angka itu melonjak dari 16 persen pada survei Januari 2023.

Survei LSI dilakukan pada 31 Maret hingga 4 April 2023. Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon.

Dari populasi tersebut, dipilih 1.229 responden secara acak melalui random digit dialing (RDD). Responden terpilih diwawancarai oleh pewawancara yang telah dilatih.  

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan survei 95 persen. Sedangkan margin of error kurang lebih sebesar 2,9 persen. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat