visitaaponce.com

PKS Respons Kabar 3 Periode Permintaan Pak Lurah

PKS Respons Kabar 3 Periode Permintaan Pak Lurah
SEKJEN DPP PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsyi.(MGN)

SEKJEN DPP PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsyi menanggapi soal pernyataan PDIP yang mengatakan pihak yang meminta tiga periode masa jabatan presiden ialah pak lurah. Habib Aboe meminta menyudahi polemik itu.

"Aduh, terima kasih lah cukup kita selesaikan, kita sudah masa waktu sesuai undang-undang, kita suasana demokrasi berjalan sesuai undang-undang 75 tahun," kata Habib Aboe di Grand Depok City (GDC), Depok, Jawa Barat, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Dia tak menyoalkan permintaan-permintaan tersebut. Fokus saat ini adalah Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar 14 Februari 2024.

Baca juga : Jokowi Tertawa saat Ditanya Kekecewaan PDIP

"Kesempatan dengan pemilu ini kita hantarkan. Permintan boleh harapan boleh, tapi fakta hukum yang harus berbicara," ujar dia.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membenarkan ada pihak yang meminta tiga periode masa jabatan presiden. Pihak yang dimaksud ialah pak lurah.

Diduga kuat pak lurah yang dimaksud ialah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, para politisi kerap menggunakan bahasa halus jika ingin menyebut presiden dalam suatu obrolan. Biasanya istilah yang digunakan ialah pak lurah.

Baca juga : PDIP Formulasikan Wacana Hak Angket Kecurangan Pemilu

Hal itu dikonfirmasi Hasto setelah menemui beberapa ketua umum partai yang pada saat itu kerap menyuarakan rencana tiga periode. Ketika ditanyakan langsung, mereka menjawab hal itu merupakan keinginan pak lurah.

"Saya berani mempertanggunggjawabkan (pernyatannya) di depan politik, hukum, di depan Tuhan Yang Maha Esa, dan rakyat Indonesia," ujar Hasto, Jumat, 27 Oktober 2023.

Permintaan tiga periode, kata Hasto, disampaikan melalui beberapa pihak. Lalu permintaan itu sampai juga ke PDIP. Namun PDIP dengan tegas menolak permintaan tersebut. PDIP tegak lurus dengan konstitusi.

"Karena PDIP lahir dari semangat membangun demokrasi yang sehat dan taat kepada konstitusi," ucapnya. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat