visitaaponce.com

Koalisi Perubahan akan Inisiasi Hak Angket, Ini Tanggapan PDIP

Koalisi Perubahan akan Inisiasi Hak Angket, Ini Tanggapan PDIP
Para petinggi partai Koalisi Perubahan.(Dok. MI/Usman Iskandar)

POLITISI Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Seno Bagaskoro mengatakan pihaknya tidak masalah apabila koalisi 01 atau Koalisi Perubahan menginisiasi hak angket untuk segera digulirkan. Menurut dia evaluasi terhadap penyelenggaraan pemilu merupakan tanggung jawab semua pihak, bukan hanya satu atau dua kelompok.

Apabila koalisi perubahan ingin mengambil alih untuk menggulirkan hak angket dengan segera, Seno mengatakan hal itu tidak masalah dan wajar dalam dinamika politik yang ada.

“Pada dasarnya tidak ada masalah dengan dinamika yang terjadi tentang siapa yang menginisiasi. Kami tetap optimis dan yakin angket dapat bergulir,” kata Seno kepada Media Indonesia, Sabtu (16/3).

Baca juga : Koalisi Perubahan Inisiasi Hak Angket

“Dalam konteks sebagai partai politik, harusnya (menggulirkan hak angket) menjadi tanggung jawab bersama. PDIP mengemban nama, partai demokrasi. Kami berdiri di situ,” tambahnya.

Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud itu juga menyampaikan pihaknya saat ini masih fokus untuk mengawal hasil pemilu. Sehingga ia mempersilakan apabila ada inisiasi positif yang diambil oleh koalisi perubahan terkait hak angket.

“PDI Perjuangan konsisten pada sikap kritis terhadap proses pemilu kemarin. Urgensi itu dirasakan oleh para guru besar, aktivis hingga masyarakat yang terbukti dalam survei sebuah media, mayoritas setuju dilakukan suatu mekanisme evaluasi, misalnya melalui angket. Bahkan PBB pun mempertanyakan tentang cawe-cawe Presiden Jokowi dalam pemilu kemarin. Sebagai negara demokrasi, kita malu,” pungkasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat