visitaaponce.com

Survei 79,6 Responden Sepakat Olahraga Tak Dicampuri Politik

Survei: 79,6% Responden Sepakat Olahraga Tak Dicampuri Politik
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi pelatih Timnas U-20 Shin Tae-yong (kanan) menyalami pemain dan ofisial Timnas U-20(Antara)

SEBANYAK hampir 80 persen responden sepakat urusan olahraga tidak dicampurkan dengan politik. Angka itu didapat dari survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) ihwal batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"79,6 persen masyarakat setuju dengan pernyataan Presiden Jokowi bahwa jangan mencampuradukkan urusan olahraga dengan politik," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei secara daring, Minggu (9/4). 

Djayadi mengatakan hanya 12 persen responden yang setuju mencampurkan kedua aspek tersebut. Sedangkan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca juga : DPR Minta Menpora Baru Tuntaskan Kasus Kanjuruhan

Meski begitu, Indonesia kadung batal sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. LSI juga menyoroti sentimen publik terhadap Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir.

"Hasilnya 80,6 persen responden menjawab percaya Erick Thohir sudah berupaya optimal agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah," ujar Djayadi.

Baca juga : DPR Minta Menpora Baru Tuntaskan Kasus Kanjuruhan

Djayadi menyebut 12,9 persen responden kurang atau tidak percaya soal usaha Erick. Sementara sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei LSI dilakukan pada 31 Maret hingga 4 April 2023. Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon.

Dari populasi tersebut, dipilih 1.229 responden secara acak melalui random digit dialing (RDD). Responden terpilih diwawancarai oleh pewawancara yang telah dilatih.

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan survei 95 persen. Sedangkan margin of error kurang lebih sebesar 2,9 persen.(Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat