visitaaponce.com

Pakar dan Praktisi Ekonomi, Erick Thohir Dinilai Bisa Bantu Ganjar Pranowo di Pemerintahan

Pakar dan Praktisi Ekonomi, Erick Thohir Dinilai Bisa Bantu Ganjar Pranowo di Pemerintahan
Ketum PSSI Erick Thohir(Antara/Budi Candra Setya )

Pengamat Politik Djayadi Hanan menakar kompetensi Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dinilai bisa membantu calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di pemerintahan jika diberikan amanah melalui Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Pasalnya, pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut merupakan pakar dan juga prakitisi ekonomi yang sangat luar biasa.

Erick Thohir sebagai profesional atau pengusaha tidak hanya berjaya di ruang lingkup nasional tapi juga internasional. Di mana ia adalah orang Asia pertama yang mampu menjadi Presiden Inter Milan FC, salah satu klub sepak bola terbesar di dunia yang bermarkas di Italia.

“Pengalaman Pak Erick Thohir sebagai pengusaha itu bisa membantu Pak Ganjar Pranowo dalam melanjutkan pembangunan ekonomi ke depan,” terang Djayadi dalam keterangan tertulis pada Selasa (25/04).

Baca juga: Yaqut Cholil Qoumas Sebut Erick Thohir Layak Maju Cawapres

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini juga menyatakan kompetensi kepemimpinan Erick Thohir tersebut juga sangat dibutuhkan untuk meneruskan kerja – kerja yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi di pemerintahan. Mengingat Eks Presiden Inter Milan ini adalah pemimpin yang sering mendapatkan penugasan strategis dari Presiden Jokowi di pemerintahan.

Seperti halnya terkait transformasi perusahaan – perusahaan BUMN yang saat ini berhasil menunjukkan performa keuangan yang lebih baik. Di mana setiap tahunnya Kementerian BUMN mencatatkan peningkatan laba dari Rp 13 triliun di tahun 2020 menjadi Rp 124,7 triliun di tahun 2021.

Baca juga: Yaqut Cholil Qoumas Sebut Erick Thohir Layak Maju Cawapres

Sedangkan di tahun 2022, laba kembali terekam meningkat menjadi Rp 303,7 triliun walalupun belum diaudit. Tak hanya itu, selama pandemi Covid-19 berlangsung Erick Thohir juga menggalakkan program KUR, Mekaar dan Makmur untuk menggerakkan sektor UMKM masyarakat dan terbukti berhasil. Karenanya, kompetensi kepemimpinan Erick Thohir yang sangat memahami ekonomi dalam dan luar negeri sangat dibutuhkan oleh Ganjar Pranowo serta keberlanjutan dari pembangunan dari kerja Presiden Jokowi di pemerintahan.

“Pengalaman Pak Erick Thohir juga dibutuhkan untuk melanjutkan pembangunan yang sudah dirintis atau dilakukan oleh Pak Jokowi sekarang,” ujar Djayadi.

Dalam hal politik elektoral, ia mengatakan Erick Thohir juga mampu membantu Ganjar Pranowo. Erick Thohir merupakan pemimpin yang datang dari kalangan luar Pulau Jawa dan bagian dari Nahdlatul Ulama (NU). Bersamaan dengan itu, ruang lingkup kerja Erick Thohir sangat luas yakni mencakup seluruh wilayah Indonesia sebagai menteri. Tentunya hal ini akan memudahkan upaya pemenangan di Pilpres 2024 mendatang.

“Pak Erick Thohir juga memiliki kekuatan yang lebih merata di Indonesia,” ucap Djayadi.

Maka dari itu, ia mengatakan duet Ganjar – Erick di Pilpres 2024 maupun di pemerintahan perlu menjadi perhitungan. Keduanya memiliki kecocokan yang bisa memenangkan Pilpres 2024 dan menjalankan pemerintahan jika diberikan amanah sebagai pemimpin Indonesia.

“Ganjar – Erick punya poin penting. Erick Thohir memiliki beberapa komplementaritas dengan capresnya Ganjar Pranowo,” pungkas Djayadi.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat