visitaaponce.com

Erick Thohir Kuatkan Elektabilitas Ganjar Maupun Prabowo

Erick Thohir Kuatkan Elektabilitas Ganjar Maupun Prabowo
Erick Thohir(DOK MI)

MENTERI BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) potensial dalam Pilpres 2024 mendatang. Pasalnya, Erick Thohir mampu menguatkan elektabilitas dari calon presiden (capres) yang didampingi baik Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

Berdasarkan survei Poltracking Indonesia pada April 2023, elektabilitas Ganjar Pranowo berada di angka tertinggi ketika berpasangan dengan Erick Thohir. Angka elektabilitas duet Ganjar Pranowo–Erick Thohir ditemukan berada di angka 30,4 persen.

Hasil berbeda jika Ganjar dipasangkan dengan Ridwan Kamil maupun Sandiaga Uno. Duet Ganjar Pranowo–Ridwan Kamil berada di angka 30,2 persen dan Ganjar–Sandiaga di angka 28,4 persen.

Demikian pula dengan Prabowo jika dipasangan dengan Erick Thohir yang berada di titik tertinggi di angka 32,7 persen. Sedangkan jika Prabowo dipasangkan dengan kandidat lainnya, penurunan elektabilitas justru terjadi. Misalnya, duet Prabowo–Muhaimin Iskandar berada di angka elektabilitas sebesar 30,2 persen. Begitu juga ketika Prabowo berpasangan dengan Airlangga Hartarto yang hanya mendapatkan angka 28,8 persen atau terpaut 3,9 persen dari duet Prabowo-Erick.

Angka tersebut berada di atas rentang margin of error dari survei Poltracking Indonesia yang hanya di angka 2,9 persen. Karena itu, Erick Thohir menjadi cawapres potensial untuk mendongkrak suara dari pasangan yang didamping yakni Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

"Hasil ini merupakan potret terbaru pergeseran peta elektoral capres, cawapres, dan partai politik dalam survei Februari, Maret, dan April 2023," terang Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda.

Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei nasional pada Februari, Maret, dan April 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Pengambilan data terbaru pada April dilakukan pada 9-15 April 2023. Jumlah sampel dalam tiap survei ini adalah 1220 responden dengan margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat