visitaaponce.com

Erick Thohir Potensial Berpasangan dengan Ganjar atau Prabowo

Erick Thohir Potensial Berpasangan dengan Ganjar atau Prabowo
Ilustrasi(Dok MI)

*Dekat Dengan NU, Erick Thohir Lebih Potensial Berpasangan dengan Ganjar atau Prabowo*

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai oleh Direktur PoliEco Digital Insights Institute, Anthony Leong lebih potensial untuk berpasangan dengan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto ketimbang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Pasalnya, hubungan dekat yang dimiliki oleh Erick Thohir bersama organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama (NU) menjadi poin terkuat pembeda dengan Sandiaga Uno.

“Kansnya Erick Thohir bisa masuk masuk koalisi Ganjar (PDI-P) atau pun Prabowo (Gerindra) dengan kekuatan endorsement NU juga menjadi salah satu strong point,” terang Anthony.

Seperti diketahui, Erick Thohir telah mendapatkan dukungan dari para tokoh NU untuk maju di Pilpres 2024. Dukungan ini disuarakan oleh Ketum GP Ansor NU Yahya Cholil Staquf dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf.

Keduanya menyatakan banyak warga NU atau Nahdliyin yang menginginkan agar menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut maju di Pilpres 2024 sebagai cawapres melanjutkan kepemimpinan KH Ma’ruf Amin. Hal ini tidak mengherankan mengingat Erick Thohir juga bagian dari keluarga besar NU di mana ia adalah Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke–100 NU.

Dalam hal kedekatan personal, Erick Thohir juga terlihat berulang kali bersama Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto dalam berbagai kesempatan. Hubungan dekat juga dimiliki oleh Erick Thohir bersama para elit PDI Perjuangan, khususnya Presiden Jokowi dan Partai Gerindra.

Terakhir, Anthony mengatakan dalam hal elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres juga termasuk yang tertinggi. Terbukti berdasarkan hasil survei terbaru dari Poltracking Indonesia, ia berada di posisi pertama dalam 10 nama cawapres.

Erick Thohir berhasil mendapatkan dukungan masyarakat sebesar 17,1 persen sedangkan berada di belakangnya yakni Sandiaga Uno.

"Juga faktor kedekatan Erick Thohir dengan dua tokoh tersebut (Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto), dan elektabilitasnya sangat tinggi untuk posisi Cawapres 2024," pungkas Anthony.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat