visitaaponce.com

Polri Kerahkan 2.627 Personel dan Sterilkan Jalan di Labuan Bajo untuk KTT ASEAN

Polri Kerahkan 2.627 Personel dan Sterilkan Jalan di Labuan Bajo untuk KTT ASEAN
Sejumlah anggota Brimob Polda NTT melakukan simulasi pengoperasian kendaraan taktis saat apel untuk persiapan pengamanan KTT ASEAN.(Antara)

Kepolisian Republik Indonesia menyiagakan 2.627 personel untuk mengamankan hajatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang dihelat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 9-11 Mei mendatang.

Asisten Operasi (Asops) Kapolri Agung Setya Imam Efendi mengatakan saat ini seluruh personel sudah menempati pos-pos pengamanan tempat pertemuan inti berlangsung. Mereka juga sudah melakukan latihan rutin terutama untuk menyesuaikan dengan kondisi, topografi, dan keunikan daerah Labuan Bajo.

"Saat ini para personel sudah menempati pos dan posisi floating dari masing-masing petugas di tempat-tempat pengamanan yang sudah ditentukan dan sudah dilakukan beberapa kali latihan," ucap Agung dalam keterangannya, Jumat (5/5).

Baca juga: TNI-Polri Kerahkan 12 Ribu Personel untuk Jaga KTT ASEAN

Lanjut Agung, Untuk pengamanan kepala negara, Paspampres akan dibantu 104 personel Polri. Polri juga telah mensterilkan jalur yang cukup panjang dari Labuan Bajo ke Golo Mori, salah satu tempat berlangsungnya KTT ASEAN 2023.

"Kita sudah menyiapkan jalur yang cukup panjang kurang lebih 36 kilometer dari Labuan Bajo. Kita siapkan pengawalannya sehingga para delegasi tiba dengan selamat dan lancar sampai di lokasi," terangnya.

Baca juga: Persiapan KTT ASEAN 2023 9 Mei 2023 Capai 90%

Dijelaskan Agung, Pengamanan tidak hanya dilakukan di Labuan Bajo, tetapi juga di daerah-daerah sekitarnya, terutama Bali. Hal itu dilakukan karena pesawat para kepala negara yang hadir akan diparkir di Bali dan sebagian akan bermalam di provinsi tersebut.

Dengan segala kesiapan yang telah dilakukan pihak kepolisian saat ini Agung pun berharap gelaran KTT ASEAN dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

"Saya sampaikan bahwa Polri, saya sudah beberapa hari terakhir bersiaga di Labuan Bajo bersama pak Wakapolri dan kemudian bapak Kapolri juga akan bergabung di Labuan Bajo. Kami ingin memastikan bahwa penyelenggaraan KTT ini dalam kondisi yang aman," tandasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat