visitaaponce.com

Satgas Akan Sulit Ungkap Sosok di Balik Pengemplang Pajak

Satgas Akan Sulit Ungkap Sosok di Balik Pengemplang Pajak
Eks Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji menilai satgas Mafia Pajak akan mendapatkan tantangan untuk mengungkap sosok di balik kasus(youtube)

MANTAN Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji menilai satuan tugas (satgas) Mafia Pajak Rp349 Triliun akan mendapatkan tantangan untuk mengungkap sosok di balik pengemplang pajak. 

"Bukan aparat dan penyidik yang tidak mampu secara ilmu dan teknik. Persoalannya, siapa di belakang itu?" kata Susno dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Awas! Serangan Balik ke Satgas Mafia Pajak Rp349 Triliun,’ Minggu (7/5).

Meski begitu, Susno optimistis Satgas Mafia Pajak mampu menunaikan tugas dengan baik. Apalagi, tim itu dibentuk Ketua Komite Koordinasi Nasional TPPU Mahfud MD dan diisi sosok-sosok kompeten.

Baca juga: Satgas Mafia Pajak Kebut Evaluasi 300 Laporan Hasil Audit

"Juga ada back dari the power of netizen yang luar biasa," papar dia.

Susno menyambut baik pembentukan satgas tersebut. Sebab, tugasnya dinilai sudah tepat yaitu untuk mengevaluasi, melakukan supervisi, dan memberi rekomendasi.

Baca juga: Ini Prioritas Utama Satgas Mafia Pajak Rp349 Triliun

"(Yang diusut) bukan pajak kecil-kecilan seperti kita, tapi dari pajak perusahaan besar yang pajaknya gede sampai triliunan," jelas dia.

Pemerintah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD pada Rabu, 3 Mei 2023.

Satgas TPPU terdiri dari tim pengarah, tim pelaksana, dan kelompok kerja. Tim pengarah, yakni Menko Polhukam selaku Ketua Komite Koordinasi Nasional TPPU Mahfud MD, Menko Perekonomian selaku Wakil Ketua Komite TPPU Airlangga Hartarto, dan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) selaku sekretaris merangkap anggota komite TPPU Ivan Yustiavandana. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat