visitaaponce.com

Surya Paloh Tegaskan Tidak Ada Intervensi Politik dalam Penangkapan Johnny G Plate

Surya Paloh Tegaskan Tidak Ada Intervensi Politik dalam Penangkapan Johnny G Plate
Konferensi Pers NasDem soal Johnny G Plate.(Metro TV)

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh membantah adanya intervensi politik dalam penetapan tersangka dan penahanan Menteri Kominfo, Johnny G Plate yang juga kader NasDem. Surya Paloh berharap tak banyak spekulasi terkait kasus Johnny G Plate.

"Kami berduka atas adanya kasus ini. Ditetapkannya saudara Johnny G Plate sebagai tersangka itu merupakan bagian dari proses hukum yang harus dilalui," ujar Surya paloh, dalam jumpa pers, di Jakarta, Rabu, (17/5).

Ia mengatakan sikap NasDem dalam hal ini adalah tidak pernah berbeda. NasDem berkomitmen untuk menghormati dan menegakkan prinsi-prinsip hukum yang berkeadilan.

Baca juga: Surya Paloh Kumpulkan Elite Nasdem, Respons Status Johnny G Plate

"Jadi proses hukum ini harus kami hormati, meski sukar untuk mengusir apa yang terjadi di dalam perasaan saya, ," ujarnya.

"Ada yang mengatakan ini tidak terlepas dari intervensi politik, itu tidak benar. Ini tidak terlepas dari intervensi kekuasaan, itu juga tidak benar. Ini godaan pada diri saya dan saya sudah katakan tidak benar. Kalau benar mungkin hukum alam yang akan dihadapi," ujar Surya Paloh.

Baca juga: Surya Paloh Hormati Proses Hukum Menkominfo Johnny G Plate

Ia berharap proses hukum dapat dijalankan dalam menangani kasus Johnny G Plate dengan transparan dan seadil mungkin.

Legawa Reshuffle

Sementara itu, rencana perombakan kabinet atau reshuffle setelah Menteri Komunikasi dan Informatika Johny F Plate menjadi tersangka diyakini akan terjadi. Hal ini disampaikan anggota Wakil Ketua Komisi III DPR Sahroni yang mengatakan jika posisi menteri NasDem digan maka hal itu merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

“Ya legowo tidak papa, itu hak prerogatif presiden. Dari kemarin juga bapak, saya, ketum, itu menyampaikan kalau ada reshuffle tidak apa-apa tidak ada masalah,” ujarnya saat ditemui di DPR, Rabu (17/5).

Menurutnya NasDem akan mengikuti proses dan taat terhadap hukum. Tersandungnya Sekjen NasDem tersebut dalam kasus dugaan korupsi pengadaan BTS ini kemungkinan akan berpengaruh terhadap proses persiapan pemilu 2024. Baca juga: Surya Paloh Hormati Proses Hukum Menkominfo Johnny G Plate

“Pasti. Tapi, kita berupaya yang terbaik dalam koridor yang tepat, mudah-mudahan badai berlalu dengan cepat,” ucapnya.

Di sisi lain NasDem kemungkinan akan memberikan bantuan hukum kepada Johny. Hal serupa juga pernah dilakukan kepada mantan kader partai NasDem yang juga pernah terjerat kasus hukum.
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat