visitaaponce.com

AHY Hukum Tajam ke Lawan, Tumpul ke Kawan

AHY: Hukum Tajam ke Lawan, Tumpul ke Kawan
AHY di acara Milad ke-21 PKS, Senayan, Jakarta, Sabtu 20 Mei 2023.(Medcom/Fachri Audhia Hafiez.)

KETUA Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyinggung praktik penegakan hukum di Indonesia. Ia menilai penegakan hukum lebih tajam terhadap lawan politik.

"Banyak yang merasakan praktik penegakan hukum yang seolah tajam ke bawah tumpul ke atas, tajam ke lawan tumpul ke kawan," kata AHY melalui pidato politiknya di acara Milad ke-21 PKS, Senayan, Jakarta, Sabtu 20 Mei 2023.

AHY mengatakan mengamankan kawan politik dari proses hukum tak dibenarkan. Hal itu sama dengan obstruction of justice atau menghalangi penegakan hukum.

Baca juga: PKS Salut dengan Surya Paloh Sikapi Kasus Johnny Plate

Sementara, lanjut dia, menggunakan instrumen hukum untuk menghabisi lawan politik sama halnya dengan abuse of power atau penyalahgunaan kekuasaan. "Kedua-duanya tidak sepatutnya terjadi di negeri tercinta Indonesia ini," ucap AHY.

AHY menilai demokrasi juga mengalami kemunduran. Ini karena ada upaya-upaya tak demokratis bila mengkritik keras pemerintah.

Baca juga: PKS Senang bila Ganjar dan Prabowo Ungkap Cawapres Duluan

"Yang berani bersuara seolah dianggap sebagai musuh negara. Kita yang kritis, PKS, NasDem, Demokrat, kalau kritis dibilang musuh negara. Bukankah negeri ini milik kita semuanya? Jangan sampai ada masyarakat yang merasa terbungkam takut bersuara di negeri sendiri," ujar AHY. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat