visitaaponce.com

Kasus Impor Emas, Kejagung Masih Proses Penyidikan Umum

Kasus Impor Emas, Kejagung: Masih Proses Penyidikan Umum
Emas batangan(Antara)

KEJAKSAAN Agung (Kejagung) terus mengusut kasus dugaan tindak pidana korupsi pada pengelolaan kegiatan usaha komoditi emas tahun 2010 sampai dengan 2022 atau kasus impor emas. Perkara tersebut naik statusnya menjadi penyidikan umum.

“Kalau untuk kasus ini masih proses penyidikan umum, kita masih dalami semua,” ungkap Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana, Selasa (23/5).

Ketut menerangkan jika kasus telah ditingkatkan statusnya menjadi penyidikan khusus baru modus korupsi impor emas tersebut akan terang-benderang.

Baca juga: Kejagung Terus Usut Kasus Impor Emas

“Bagaimana kerugian negaranya, bagaimana peran masing-masing kalau sudah ada penetapan tersangka dalam perkara ini ya,” tegasnya.

Kekinian, penyidik juga kembali menggeledah sejumlah tempat terkait dugaan korupsi impor emas. 

Baca juga: Mengenal Impor Emas untuk Bahan Baku

Penyidik telah menyambangi sejumlah tempat dalam rangka penggeledahan dan penyitaan dokumen terkait perkara kasus impor emas.??

“Di beberapa tempat sudah dilakukan penggeledahan dan diambil beberapa dokumen yang kami pandang terkait dugaan korupsi yang kami tangani,” terang Ketut.? 

Ketut menambahkan bahwa salah satu lokasi penggeledahan merupakan kantor Bea Cukai. Namun, Ketut tak menjelaskan lebih detail terkait kantor Bea Cukai mana yang jadi target penggeledahan penyidik Kejagung.

Penyidik Kejagung juga telah melakukan penggeledahan di beberapa tempat, yakni Pulogadung, Pondok Gede, Cinere Depok, Pondok Aren Tangerang Selatan, hingga Surabaya.

“Termasuk itu (kantor Bea Cukai),” paparnya.

Dari hasil penggeledahan sementara, Ketut menuturkan penyidik telah memperoleh dan menyita beberapa dokumen penting serta barang bukti elektronik yang diduga berkaitan dengan perkara dugaan korupsi impor emas.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat