visitaaponce.com

Polri akan Bentengi Indonesia dari Narkoba Zombie

Polri akan Bentengi Indonesia dari Narkoba Zombie
Ilustrasi(Medcom.id)

Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Jayadi menyoroti soal peredaran narkoba zombie yang tengah marak di Amerika Serikat (AS). Ia mengatakan, sejauh ini, narkotika jenis tersebut belum terdeteksi keberadaannya di Indonesia.

"Sampai dengan hari ini, sampai dengan saat ini, kami belum menemukannya," ujar Jayadi di jakarta, Selasa (30/5).

Kendati demikian, ia mengatakan obat terlarang itu sudah mulai masuk dalam tahap pembahasan untuk dilakukan pencegahan penyeberan. Kepolisian akan ebrusaha semaksimal mungkin untuk membentengi Indonesia dari ancaman narkoba zombie.

Baca juga: Polri Antisipasi Uang Narkoba Digunakan untuk Kepentingan Pemilu 2024

"Kemarin pada saat Rakernis di Bali juga kami mengimbau kepada seluruh jajaran untuk mengantisipasi apa yang terjadi di Amerika dan sekitarnya, khususnya terkait dengan peredaran fentanil alias narkoba zombie," tutupnya.

Narkoba zombie merupakan obat racikan yang terdiri dari zylazine atau penenang khusus hewan, heroin, fentanil dan ekstasi. Kandungan tersebut memiliki efek samping yang membuat penggunanya berperilaku seperti zombie.

Baca juga: Penyelundupan Paket Sabu Berkedok Gorden Impor Asal Afganistan Berhasil Digagalkan

Penggunanya akan mengalami kebingungan dan disorientasi. Mereka juga kerap pingsan di tempat umum.  Lebih parahnya lagai, obat tersebut bisa memicu kerusakan pembuluh darah sehingga menimbulkan luka-luka yang berakibat fatal. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat