visitaaponce.com

Survei Indikator NasDem Masuk Lima Besar Partai Pilihan di DPR

Survei Indikator: NasDem Masuk Lima Besar Partai Pilihan di DPR
Ilustrasi: sejumlah pengendaran motor melintasi bendera-bendera parpol yang terpasang(MI/M. Irfan )

SURVEI Indikator Politik Indonesia mencatat lima partai politik (parpol) pilihan publik di DPR. Kelimanya yakni PDIP, Gerindra, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan NasDem.

"PDIP paling tinggi dukungannya, 20,7 persen, kemudian Gerindra 17,4 persen, Golkar 7,7 persen," kata peneliti Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei bertajuk 'Saling Salip Elektabilitas dan Cawapres Jelang 2024' pada Minggu (4/6).

Sementara itu, PKB dan NasDem masing-masing mendapat persentase enam persen. Sedangkan, di posisi keenam ada Demokrat yang juga mendapat 6 persen dari pilihan publik.

Baca juga: Survei Indikator: Anies, Ganjar, dan Prabowo Kokoh 3 Besar Capres

Pada posisi berikutnya ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5,2 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) 3,1 persen, Perindo 3 persen, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 2 persen. Sementara, parpol lain berada di bawah 2 persen.

"Responden yang tidak menjawab 19,2 persen," ucap Burhanuddin.

Baca juga: Parpol Cenderung Percaya Hasil Survei Soal Capres

Populasi dari survei yang dilakukan 26-30 Mei 2023 ini ialah warga negara Indonesia minimal 17 tahun dan memiliki telepon. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

RDD adalah teknik memilih sampel melalui nomor telepon secara acak. Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 1.230 responden dipilih melalui nomor telepon secara acak.

Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen. Tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat