visitaaponce.com

Radar PDIP ke AHY Bisa Jadi Jebakan Batman

Radar PDIP ke AHY Bisa Jadi Jebakan Batman
Sekber KIB mendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Cawapres mendampingi Capres Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.(MI/Usman Iskandar )

KETUA DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk radar PDIP untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga menilai hal itu tentu mengejutkan karena selama ini banyak elite PDIP yang menilai AHY dari sisi negatifnya. 

“Seolah AHY sosok yang tidak ada benarnya. AHY seolah anak kemarin yang tak punya pengalaman dan prestasi,” ungkapnya.

Baca juga: Puan Sebut AHY, PKS: Coba Pecah Konsentrasi Koalisi Perubahan

Menurutnya, pernyataan Puan terkait AHY yang masuk radar PDIP, akan membuat penilaian negatif terhadap AHY menjadi sirna. Penilaian sebagian kader PDIP itu bukan didasarkan atas objektivitas, tapi lebih pada ketidaksukaan.

“Dengan pernyataan Puan itu, PDIP secara institusi justru menilai AHY punya nilai lebih. AHY dinilai punya kapasitas untuk menjadi cawapres,” terusnya.

Baca juga: Berlatar Militer, AHY Didukung Jadi Pendamping Anies

Meski begitu, Jamiluddin menilai masuknya AHY dalam radar PDIP bisa jadi hanya jebakan batman. Bisa saja hal itu hanya mengiming-iming Demokrat, termasuk AHY, untuk mau merapat ke PDIP.

“Harapannya, Demokrat dapat berpaling dari Koalisi Perubahan. Kalau hal ini terwujud, tentu akan berdampak pada pencapresan Anies Baswedan,” tegasnya.

Jamiluddin menekankan upaya PDIP itu bisa saja untuk membuat Koalisi Perubahan pecah. Dengan begitu, upaya penjegalan Anies menjadi capres dapat mereka wujudkan. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat