visitaaponce.com

Masyarakat Rasional Dinilai Pilih Erick Jadi Cawapres

Masyarakat Rasional Dinilai Pilih Erick Jadi Cawapres
Menteri BUMN Erick Thohir(Antara)

Masyarakat rasional disebut lebih memilih sosok menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres). Hal itu terlihat dari hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang menempatkan Erick sebagai cawapres idaman masyarakat.

Ia memiliki elektabilitas hingga 15,5%, yang paling tinggi dari kandidat-kandidat lain seperti Sandiaga Uno atau Agus Harimurti Yudhoyono.

Pengamat politik Universitas Diponegoro, Turtiantoro mengatakan elektabilitas tinggi yang dimiliki Erick Thohir tersebut besar kemungkinan berasal dari kelompok rasional. Sebab, masyarakat memilih pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini berdasarkan kinerjanya.

Baca juga: Rekam Jejak Apik, Kans Erick Thohir Sebagai Cawapres Potensial Terus Menguat

“Di masyarakat itu kan ada sebagian dan porsinya cukup besar pemilih rasional, yang sering pindah pilihan berdasarkan nalar. Kecenderungan pilihannya ke Erick Thohir,” terang Turtiantoro dalam keterangan tertulis, Minggu (11/6).

Ia mengatakan salah satu yang membuat masyarakat percaya terhadap Erick Thohir karena berhasil mentransformasi BUMN menjadi lebih baik. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya perusahaan BUMN yang berhasil meraih laba tinggi seperti Pertamina.

Baca juga: Dapat Dukungan Jokowi, Erick Thohir Calon Kuat Cawapres

Perusahaan minyak negara tersebut berhasil mengantongi laba sebesar US$3,81 miliar atau senilai Rp56 triliun pada 2022 silam. Pendapatan tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah Pertamina.

Selain itu, capaian Erick Thohir selama menjabat sebagai menteri BUMN terbilang luar biasa. Melalui tangan dinginnya, BUMN berhasil mencetak laba sebesar Rp303 triliun pada 2022. Capaian tersebut juga jadi yang tertinggi sepanjang masa

“Jadi gini memang kalau dilihat dari prestasi kerja atau kinerja pak Erick Thohir akhir-akhir ini itu cukup meyakinkan publik bahwa beliau adalah orang yang bisa bekerja,” tandas Turtiantoro. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat